Surya/

Citizen Reporter

Lho Ada Cita Rasa Kota Solo di Semangkuk Timlo

sop atau soto? cita rasa nano-nano khas Kota Solo ini ternyata ada di dalam semangkok timlo.. racikan kuliner segar gurih berkuah menggoda.. hmmm..

Lho Ada Cita Rasa Kota Solo di Semangkuk Timlo
istimewa/ primarasa
timlo 

Reportase Eka Sutarmi
Tutor di Al-Azhar English Academy, Kampung Inggris, Pare

 

BAGI yang sudah pernah berkunjung ke Solo, sudah barang tentu tidak asing lagi dengan salah satu kuliner khas kota Bengawan ini. Namun, bagi yang baru mengenalnya, nama menu ini tampak unik dan menggelitik.

Berangkat dari rasa penasaran, akhirnya penulis bisa mencicipi timlo untuk kali pertama. Lapak kuliner di pasar Klewer, Solo adalah salah satu lokasi yang menjajakan timlo. Sangat mudah dijangkau. Pergi saja ke bangunan pasar Klewer sisi barat, lalu naik ke lantai paling atas dengan lift atau tangga. Di situlah aneka kuliner dijajakan.

Namun jika ingin menikmati timlo yang lebih spesial, warung makan timlo yang berada di sudut Pasar Gede cukup disarankan.

Nah, timlo ini sekilas mirip dengan soto, yang punya cita rasa gurih dan segar. Layaknya soto yang disajikan dengan berbagai macam uba rampe sebagai pelengkap, timlo pun tidak jauh berbeda.

Namun, dalam semangkuk timlo disajikan dengan isi yang lebih lengkap dan beragam, di antaranya berupa mi soun, potongan sosis, risoles, suwiran daging ayam kampung, irisan seledri, telur kecap, wortel, hingga jamur kuping.

Bila soto disajikan dengan kuah sedikit kental, berbeda dengan timlo. Setelah nasi disiapkan bersama aneka sayur dan lauk sebagai pelengkapnya, lalu disiram dengan kuah bening dari kaldu ayam.

Justru kuah bening berbekal bumbu sederhana seperti, bawang putih, lada, dan pala inilah yang membuat timlo punya cita rasa yang khas. Jangan lupa memberi taburan bawang merah goreng di atasnya. Akan lebih lengkap lagi jika disantap dengan sambal kecap dan perasan jeruk nipis.

Untuk minumnya, segelas es teh manis jadi pilihan yang pas.

Jangan khawatir soal harga, seporsi timlo di pasar Klewer umumnya menawarkan harga yang bersahabat. Semangkok timlo lengkap dengan nasi dihargai Rp 8.000 saja. Cukup murah, bukan? Mengenang kota Solo lewat semangkuk timlo kiranya menjadi pilihan yang pas bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Bengawan ini.

Selamat bertimlo ria ...

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help