Surya/

Kesehatan

Tak Hanya Bikin Sehat dan Happy, Ini Manfaat Lain Senam Zumba

Anda ingin olahraga sekaligus happy-happy? kenapa tidak coba senam Zumba. Eh, sebelum ikut Zumba, cari tahu apa sih Zumba itu. Di sini...

Tak Hanya Bikin Sehat dan Happy, Ini Manfaat Lain Senam Zumba
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Apa olahraga yang menyenangkan? Bisa jadi jawaban yang banyak diperoleh adalah : zumba. Senam yang berasal dari Amerika Latin ini belakangan memang sedang ngehits.

Tak hanya para sosialita. Kalangan profesional pun mulai keranjingan senam zumba. Sepulang kerja mereka luangkan waktu mampir ke pusat-pusat kebugaran untuk berlatih bersama zin (instruntur zumba).

“Zumba? Wah doyan banget! Itu olahraga paling menyenangkan buat saya,” kata Lisa Gunawan.

Mantan model era 1990-an yang hingga kini masih eksis ini memang tak pernah melewatkan kesempatan untuk terus merawat tubuhnya agar tetap menarik. “Olahraga itu penting agar tubuh selalu sehat. Dan zumba bikin happy juga,” imbuhnya.

Sejarah zumba berawal dari Alberto Perez, penari dan koreografer asal Colombia. Senam zumba kemudian dipatenkan pada tahun 2001 dan berkembang di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Gerakan zumba terinspirasi salsa, mereuge, mambo, reggaeton, tango, chacha, dan hip hop.
Besarnya minat masyarakat untuk senam zumba ini juga dirasakan oleh pengelola Celebrity Fitness. Selain pengusaha dan wiraswasta, peminat senam zumba ini juga dari karyawan bank, dan mereka yang bergerak di bidang properti.

“Zumba ini berhasil membuatku tetap ramping, sebab senam ini mampu membentuk tubuh, membakar lemak dengan gerakan yang menyenangkan,” cetus Anandini, karyawan sebuan bank swasta Surabaya, salah satu member Celebrity Fitness (Celfit).

Tingginya minat senam zumba ini pula membuat manajemen Celfit membuka kelas zumba setiap hari pada pagi hari maupun sore. Untuk jadwal disesuaikan keinginan member baik yang berlatih di Club Celebrity Fitness di Pakuwon Mall atau di Galaxy Mall.

Celfit memiliki enam orang instruktur bersertifikat Zin Zumba. Dan di setiap kelas akan dipandu seorang zin dengan kapasitas member/ anggota di setiap kelas sekitar 20 – 30 orang.

Satu sesi kelas zumba biasanya berlangsung selama 50 - 60 menit yang terdiri dari sesi gerakan cepat (fast rhythm) dan gerakan lambat (slow rhythm) dikombinasi resistance training untuk membakar lemak dan membentuk otot.

Halaman
12
Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help