Surya/

Citizen Reporter

Keluarga Besar Ceria, Ngeluyur Bareng demi Peduli Lingkungan

gegara doyan ngeluyur dan diskusi ihwal lingkungan, lahirlah Keluarga Besar Ceria (KBC) yang tetap ngeluyur bareng demi lingkungan ...

Keluarga Besar Ceria, Ngeluyur Bareng demi Peduli Lingkungan
mokhamad solikhan/citizen reporter
Ulang tahun kedua Keluarga Besar Ceria di lembah gunung raya Gumang 

Reportase M. Solikhan
Penulis/Anggota KBC

 

KEMERIAHAN ulang tahun Keluarga Besar Ceria (KBC) tersaji di Lembah Gunung Raya Gumang, Kecamatan Gondang, Mojokerto, Sabtu-Minggu (21-22/10/2017). Ratusan anggota KBC dari berbagai kota di Jawa Timur berkumpul untuk kemping, outbond, menanam pohon, dan talkshow tentang lingkungan.

Kegiatan yang dimulai pada Sabtu pukul 12.00 WIB itu di awali dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan menanam 200 pohon mahoni sumbangan anggota KBC. Di malam harinya dilanjutkan dengan talkshow membahas bagaimana mengelola sampah di daerah wisata. Rangga Indra, Koordinator Divisi Lingkungan Hidup KBC berbagi jurus di ajang ini.

Rangga Indra menekankan pentingnya kerjasama semua pihak agar pengelolaan sampah bisa menjadi baik. Selain itu, penambahan tempat sampah juga perlu dilakukan agar wisatawan tak kesulitan mencari tempat sampah. Lingkungan yang bersih menjadikan wisatawan nyaman sehingga besar kemungkinan akan berkunjung lagi.

Sementara itu Eko Elyyanto, Ketua Umum KBC mengatakan  ini adalah ulang tahu kedua KBC. “Di ulang tahun pertama KBC menanam mangrove di Labuhan, Bangkalan, Madura,” ujarnya.

Komunitas KBC berdiri dari kebiasaan anggotanya yang suka bermain dan minum kopi bersama. Sembari menikmati kebersamaan itulah diwarnai diskusi masalah lingkungan dan sosial.  “Siapa saja bisa menjadi anggota KBC, pegawai, pebisnis, dan tenaga profesional bisa bergabung,” tambahnya.

KBC lahir sebagai bentuk syukur seluruh anggotanya agar ke depannya KBC dapat terus menebar manfaat dan mempunyai kontribusi bagi lingkungan, masyarakat, dan ekonomi anggota.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan KBC di antaranya penanaman 500 bibit pohon di Coban Rais, Malang, penebaran bibit ikan di Danau Ranu Gumbolo, bakti sosial di lingkungan tertinggal, hingga donasi buku untuk perpustakaan di Pantai Kondang Merak, Malang Selatan.

Siswanto, ketua pelaksana ulang tahun kedua KBC menambahkan, puncak kegiatan ulang tahun kedua KBC ini lebih untuk mempererat tali kekeluargaan dan kebersamaan seluruh anggota.

Tepat pukul 12.00 WIB, kegiatan ditutup dengan doa bersama dan peserta beserta keluarga pulang menuju rumah masing-masing.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help