Surya/

Citizen Reporter

Kapal Cepat Penabur Pakan Ikan Ambil Alih Fungsi Tangan

kapal cepat pakan ikan ini memang difungsikan sebagai pengganti tangan yang manual menabur pakan ikan di perairan ...

Kapal Cepat Penabur Pakan Ikan Ambil Alih Fungsi Tangan
fithria nur rahmawati/citizen reporter
Kapal cepat penabur pakan ikan 

Reportase Fithria Nur Rahmawati
Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang

 

NAMA kapal cepat penabur pakan ikan atau disingkat KCPPI ini dipakai karena kapal ini mempunyai fungsi untuk menebarkan pakan ikan sekaligus dapat meningkatkan efisiensi proses pemberian pakan ke ikan.

Caranya, dengan menyebar secara merata dengan baling-baling yang ada di depan ujung kapal. Dengan alat itu juga akan menyebarkan pakan dengan komposisi yang tepat.

Selain itu dengan tambak berarea luas, KCPPI ini sangat dibutuhkan karena dapat menjangkau area tambak, dibandingkan jika pakan ikan hanya disebar menggunakan alat seadanya atau bahkan dengan tangan.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal KCPPI ini adalah material yang mudah didapat, kuat, ramah lingkungan, dan mudah untuk dilakukan manufacturing. Karena kapal ini , didesain untuk dapat melaju dengan cepat di perairan tambak dengan pengendalian sesuai area yang akan dijangkau penebaran pakan.

Dibuat oleh tim dosen dari Lembaga Pengembangan Pendidikan Pembelajaran Universitas Negeri Malang (LP3-UM), KCPPI dilengkapi indikator fungsi elektronik untuk memberikan informasi fungsi pengoperasiannya dan kontrol catu daya baterai.

Selain menggunakan baterai yang tersimpan di badan kapal, energi penggerak KCPPI lainnya yaitu menggunakan tenaga surya bersifat terbarukan (renewable energy) dan ramah lingkungan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help