Surya/

Asian Games 2018

Duh, Bulutangkis Indonesia Cuma Punya 18 Wasit Level Internasional

Dari sekian ratus juta jumlah penduduk Indonesia, jumlah wasit bulutangkis yang berstandar internasional cuma 18 orang...

Duh, Bulutangkis Indonesia Cuma Punya 18 Wasit Level Internasional
surabaya.tribunnews.com/dya ayu
Wahyana, Asessor Pengurus Pusat PBSI saat berada di GOR Sudirman Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jumlah wasit bulutangkis di Indonesia yang memiliki lisensi internasional masih sangat minim. 

Menurut Asesor PB PBSI,  Wahyana, jumlah wasit Indonesia yang memiliki standar Badminton World Federation (BWF) hanya 18 orang. 

Untuk itu Wahyana mengingatkan Indonesia sudah waktunya untuk melakukan regenerasi wasit, sekaligus untuk persiapan Asian Games 2018.

"Untuk wasit yang bersertifikat Asia atau BWF di Indonesia memang sangat kurang, maka dari itu, kegiatan pelatihan seperti ini perlu," ujar Wahyana saat ditemui di sela pelatihan wasit yang digelar Kemenpora RI dan PB PBSI di Surabaya, Senin (6/11/2017).

Wahyana menjelaskan, ada atau tidak adanya wasit yang mewakili suatu negara memang tak berpengaruh pada prestasi cabor negara tersebut.

Namun diharapkan dengan adanya tambahan kualitas wasit yang berstandart internasional dapat mengangkat nama Indonesia, terlebih dalam Asian Games 2018 yang akan dihelat di Indonesia.

"Seorang wasit memang tidak berpengaruh terhadap tuan rumah, namun ketika wasit asal Indonesia banyak memimpin pertandingan di level internasional, otomatis akan meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia," jelasnya.

Dengan adanya pelatihan dari Kemenpora, diharapkan jumlah wasit level internasional di Indonesia dapat bertambah.

"Sudah waktunya regenerasi. Dari jumlah total 18 wasit itu saja beberapa sudah akan pensiun jadi memang perlu pembibitan lagi," tambah Wahyana.

(Baca: Jelang Asian Games 2018, Kemenpora dan PBSI Godok Calon Wasit Bulutangkis)

Penulis: Dya Ayu
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help