Surya/

Citizen Reporter

Mengenalkan Seni Samroh pada Anak Usia Dini

para santri mensyukuri khataman Quran dengan melantunkan salawat sembari memainkan rebana sekaligus mengenalkan samroh ke adik-adik mereka ...

Mengenalkan Seni Samroh pada Anak Usia Dini
nada rona amiroh khozin/citizen reporter
Para santri melantunkan salawat dengan iringan samroh 

Reportase Nada Rona Amiroh Khozin HS
Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

 

SAMROH adalah salah satu seni musik tradisional islami yang menggunakan alat musik yang disebut rebana. Saat ini banyak orang yang tidak tahu apa itu samroh, karena yang mereka tahu hanya alat musik elektronik seperti gitar, bass, piano, dan lain sebagainya.

Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Al-Ishlah di Bendul Merisi Jaya, Wonocolo, Surabaya ini mempunyai program melestarikan dan mengenalkan seni samroh kepada santri-santri mereka. Salah satu programnya adalah mengadakan khataman Al Quran bagi  santri yang sudah khatam tilawati dan khatam Al Quran 30 juz.

Sistem untuk acara khataman ini adalah semua santri diundang ke rumah santri yang telah khatam tersebut. Selain khataman Al Quran, mereka juga mempersembahkan samroh untuk mengisi acara tersebut. Mereka memiliki kelompok samroh sendiri yakni Zada-Zada. Pada acara khataman, Zada-Zada akan memainkan rebana mereka di awal dan di pengujung acara. Mereka membacakan salawat-salawat nabi dan menyanyikan lagu-lagu qashidah islami diiringi lantunan indah samroh mereka.

Hal ini dilakukan untuk mengenalkan samroh pada santri-santri yang lain agar mereka tetap melestarikan seni musik tradisional islami tersebut sedari dini. Dengan adanya samroh ini, santri-santri TPQ Al Ishlah juga bisa lebih memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan mengisi hati mereka dengan lagu-lagu islami yang bisa memperkuat jiwa spiritual mereka.

Ayo lestarikan budaya islami kita. Update boleh tetapi jangan sampai meninggalkan budaya islami. Salam samroh!

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help