Surya/

Citizen Reporter

Begini Cara Seru Belajar Bahasa Indonesia

pelajaran bahasa Indonesia tidak akan pernah membosankan jika guru kreatif mengajak siswa belajar dengan cara menyenangkan.. ini contohnya ...

Begini Cara Seru Belajar Bahasa Indonesia
pixabay.com
ilustrasi 

REPORTASE Anggi Putri
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

 

 

BELAJAR adalah mengamati, membaca, imited, untuk mencoba sesuatu sendiri, mendengarkan, mengikuti arahan (spears). Definisi tersebut menjadi implementasi nyata dalam pembelajaran K-13 yang mengharuskan siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas.

Belajar bahasa Indonesia itu membosankan yang kerap dilontarkan anak didik kini anggapan itu tak berlaku lagi. Kebosanan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia timbul akibat kurang kreatifnya guru mengolah media pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan.

Belajar bahasa Indonesia pun tak harus berpaku pada buku teks, siswa harus membaca dan guru menerangkan panjang lebar. Justru guru sekarang bisa mengeksplorasi dan berinovasi banyak cara, media, maupun metode pembelajaran yang membuat siswa nyaman sekaligus cepat paham terhadap materi yang diajarkan.

Pengalaman ketika praktik pengalaman lapangan (PPL) sebagai tugas dari kampus, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya di SMAN 12 Surabaya, saya mencoba membuat beberapa media pembelajaran agar suasana belajar mengajar lebih menyenangkan. Media ini diterapkan kepada siswa kelas XI IPA-7, selama satu bulan, September – Oktober 2017.

Media pembelajaran yang dibuat mengacu pada metode inquiry dan problem base learning yang menjadikan siswa berpikir aktif dalam memecahkan masalah. Beberapa media pembelajaran yang bisa dipakai yaitu kartu kata, kartu paragraf, rantai peristiwa, teka-teki silang, dan tabung fenomena yang terbuat dari kertas warna-warni sehingga lebih menarik.

Secara tidak sadar siswa akan merasa seperti bermain games, namun tetap focus pada materi yang dipelajari. Materi yang diberikan juga akan tertanam lebih lama dalam otak siswa.

"Sangat menyenangkan, terutama Bu Anggi yang sangat sabar mengajar kami dan saya juga senang karena system pengajarannya sangat kreatif dan tidak membosankan, saya lebih paham yang telah diajarkan," papar Hana Efira, siswa XI IPA-7.

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), siswa akan lebih aktif bertanya karena rasa keingintahuan mereka semakin bertambah dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi di setiap pertemuannya.

Inti dari belajar bahasa Indonesia adalah paham. Jadi, sebagai guru yang berkewajiban membuat siswanya paham harus bisa bereksperimen dan berinovasi mengolah kelas yang membosankan menjadi kelas yang asyik, aktif, dan menyenangkan.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help