Surya/

Berita Pasuruan

VIDEO - Membanggakan Mangga-mangga Andalan Nusantara yang Kondang di Mancanegara

Potensi mangga di Indonesia ini ternyata sangat luar biasa. Bahkan, mangga Indonesia ini berada di posisi keempat di mata dunia.

SURYA.co.id | PASURUAN - Potensi mangga di Indonesia ini ternyata sangat luar biasa. Bahkan, mangga Indonesia ini berada di posisi keempat di mata dunia. 

Hal itu disampaikan Kepala Puslitbang Hortikultura Dr Hardiyanto saat ditemui usai menghadiri acara Gelar Perbenihan dan Sumber Daya Genetik Mangga dengan tema "Masalisasi dan Hilirisasi Teknoligi Inovatif Buah Tropika" di KP Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jumat (3/11/2017) sore.

Dikatakannya, dari segi produksi Indonesia ini menduduki ranking 4 sejak tahun 2012. Kata dia, ada 400 varietas atau jenis mangga di Indonesia yang berkembang. Beberapa diantaranya sudah mendapatkan pengakuan dan bahkan dikembangkan.

"Sisanya masih diteliti. Karena kalau menjadikan hak paten sebuah jenis mangga itu tidak gampang. Harus ada penelitian terlebih dahulu dan tidak sembarangan," kata Hardiyanto.

Dia mencontohkan, seperti mangga alpukat milik Pasuruan. Ini sudah dipatenkan dan sudah dikembangkan. Dibutuhkan puluhan tahun untuk mematenkan sebuah jenis mangga.

"Kalau yang belum kami patenkan itu berarti kami masih kembangkan, termasuk ada varietas baru yang kami kembangkan juga yakni mangga pisang. Intinya, kalau kami patenkan berarti akan kami kembangkan. Indonesia ini sangat kaya akan mangga," terangnya.

Sebenarnya, kata dia, Indonesia ini masih bisa merangsek ke peringkat tiga atau bahkan dua menggeser Thailand dan China, asalkan semuanya mau bekerjasama.

Luasan lahan mangga di Indonesia ini ada sekitar 165 ribu hektar lebih. Jumlah itu belum maksimal dan bisa dimaksimalkan lagi.

"Saya kira Indonesia masih bisa lah menggeser Thailan dan China. Toh mangga Indonesia ini juga tak kalah dengan mangga luar negeri," ungkap dia.

Terpisah, Urip, petani asal Indramayu ini juga mengakui bahwa mangga Indonesia itu sangat luar biasa.

Ia merupakan petani mangga jenis agrimania. Mangga dengan ukuran jumbo. Mangga miliknya ini memiliki berat sampai 2 Kilogram (kg) lebih.

"Mangga saya ini jenis mangga Agrimania. Mangga Jumbo. Rasanya manis, dan setiap tahun bisa panen sampai lebih dari 700 kwintal lebih. Mangga ini di Jawa Barat menjadi primadona apalagi di kawasan Indramayu. Mangganya manis dan enak sekali," pungkas dia. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help