Berita Kampus Surabaya

Begini Upaya Universitas PGRI Adi Buana Meningkatkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa

Universitas PGRI Adi Buana (Unipa)setiap bulannya secara rutin mendatangkan dosen asing untuk tambahan kompetensidosen dan mahasiswa.

Begini Upaya Universitas PGRI Adi Buana Meningkatkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa
surya/sulvi sofiana
DOSEN ASING - Dosen asal Erican Education Group Malaysia, Siti Aisyah Cheah Swi memberikan materi kepada mahasiswa dalam kolaborasi Unipa dengan Erican Education Group Malaysia, Kamis (2/11/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa menjadi hal penting dalam peningkatan kualitas sebuah universitas. Berbagai upaya dilakukan perguruan tinggi untuk mencapai standar pendidikan bermutu.

Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) contohnya, setiap bulannya secara rutin mendatangkan dosen asing untuk  tambahan kompetensi pada dosen dan mahasiswa.

Djoko Adi Walujo, Rektor Unipa mengungkapkan pihaknya memiliki banyak kerja sama dengan universitas dan institusi pendidikan di luar negeri.

Sehingga kunjungan dosen tamu diadakan untuk menjadi dorongan pada dosen Unipa dalam meningkatkan mutunya.

“Kami punya kerjasama dengan dosen asing untuk capacity building pada dosen kami. Karena kalau diadakan dari pemateri luar negeri ada suasana baru dan mereka lebih percaya pada kompetensi yang dimiliki dosen luar negeri,” ungkapnya usai pembukaan kolaborasi Unipa dengan Erican Education Group Malaysia, Kamis (2/11/2017).

Setiap bulan, dikatakanya tiga dosen asing datang untuk memberikan kajian terkait perkembangan pendidikan dan teknologi.

Jika kali ini materi yag dibawakan terkait pedagogik dosen, sebelumnya juga terdapat edukasi terkait pendidikan inkusi.

“Yang saat ini kegiatannya pembelajaran di era eksponensial di era 21. Penguatan dosen harus diberikan untuk wawasan masa depan. Dengan derasnya era komunikasi, tidak ada era dinasti jadi dosen harus berjuang untuk bisa berprestasi dan diakui,” urainya.

Setidaknya, 50 dosen mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi pedagogik ini. Serta 50 mahasiswa pasca sarjana jurusan bahasa inggris juga mendapat materi peningkatan softskill.

“Khusus mahasiswa pascasarjana ada mata kuliah production, jadi membuat film. Syutingnya di Malaysia,”ungkapnya.

Dosen asal Erican Education Group Malaysia, Siti Aisyah Cheah Swi ee mengungkapkan mahasiswa memiliki soft kill maka bisa meningkatkan kuaitas dirinya.

Kualitas diri seseorag juga harus disadari melalui power atau kekuatan yang dimiliki. Bukan yang berasal dari guru ataupun keluarga tetapi dari diri sendiri.

“Power ini yang harus terus dimiliki untuk terus menambah ilmunya. Bagaimana cara menambahnya, dengan mengasah kompetensi,kemahiran dan menambah literasi,”jelasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help