Berita Kampus Surabaya

Belanda Tawarkan Biaya Pendidikan Murah, ini Program Studi yang Bisa Dicoba

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl mengatakan, sejumlah perguruan tinggi di Belanda mampu mencatat reputasi internasional.

Belanda Tawarkan Biaya Pendidikan Murah, ini Program Studi yang Bisa Dicoba
surabaya.tribunnews.com/pipit maulidiyah
Masja Verdonschot, mahasiswa Inholland University, the Netherlands mengamati proses membuat desain batik, sebelum mewarnainya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Belanda menawarkan biaya pendidikan murah seiring dengan meningkatnya minat pelajar Indonesia melanjutkan studi ke luar negeri.

Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl mengatakan, sejumlah perguruan tinggi di Belanda mampu mencatat reputasi internasional.

Belanda bahkan masuk peringkat empat untuk jumlah universitas terbanyak dalam 200 besar rangking dunia. Tentu saja ini tak lepas dari kualitas pendidikannya yang bagus dan terjaga.

“Ongkos hidup di Belanda kurang dari 1.000 euro, relatif lebih murah bila dibandingkan dengan di Inggris atau Amerika Serikat,” katanya di sela acara Pameran Pendidikan Belanda “ Dutch Placement Day “ , Senin (30/10/2017).

Bukan hanya itu, lanjut Peter, Negara Belanda juga aman dari berbagai ancaman radikalisme. Sampai sekarang ini belum ada kejadian besar menyangkut hal itu.

Sisi lain yang dapat menarik minat masyarakat Indonesia pada umumnya adalah kedekatan hubungan Indonesia dengan Belanda.

“Belanda memang jauh dari Indonesia. Tapi kalau sudah di sana akan aman dan nyaman. Di sana komunitas warga Indonesia banyak. Bahkan kalau ingin makan nasi goreng mudah ditemui,” ujarnya.

Tahun kemarin sebanyak 2.300 mahasiswa Indonesia memilih melanjutkan studi ke Belanda.
Mereka menempuh pendidikan kursus kilat (short course), program sarjana (S1), master (S3), hingga doktor (S3).

“Paling banyak mengambil program master. Jumlahnya sekitar 60 persen,” terangnya.

Berbagai jurusan dipilih masyarakat Indonesia yang berkuliah di Belanda, antara lain sains, sejarah, hukum, ekonomi, dan lain-lain.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help