Kesehatan

Rutin Olahraga Untuk Menjadi Tua Namun Kesehatan Tetap Prima

Tua itu pasti. Tetapi menjadi tua dengan kesehatan tetap prima, itu urusan lain. Bagaimana tipsnya?

Rutin Olahraga Untuk Menjadi Tua Namun Kesehatan Tetap Prima
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
ibua warga mengikuti olahraga zumba bersama pada Herbalife Nutrition Day di Gool Futsal, Minggu (29/10/2017). Olahraga menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin hidup tanpa bantuan obat di masa tuanya. Namun, untuk mendapatkan penuaan yang sehat, dibutuhkan pola hidup sehat mulai dari saat ini. Yaitu dimulai dengan pola makan sehat dan juga olahraga ringan secara teratur. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Penuaan sehat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin hidup tanpa bantuan obat di masa tuanya.

Namun, untuk mendapatkan penuaan yang sehat, dibutuhkan pola hidup sehat mulai dari saat ini. Yaitu dimulai dengan pola makan sehat dan juga olahraga ringan secara teratur.

Puspita (35), warga Bratang mengungkapkan membutuhkan waktu khusus untuk dirinya bisa meluangkan waktu dalam berolahraga. Di samping kesibukannya sebagai pegawai, ia juga harus membagi waktu mengurs keluarganya.

“Kalau mau olahraga pagi itu malas sekali, rasanya sudah capek,” ungkapnya ketika ditemui SURYA.co.id dalam kegiatan olahraga bersama Herbalife Nutrition Day di Gool Futsal, Minggu (29/10/2017).

Dikatakannya, olahraga bersama tiap Minggu bersama keluarganya merupakan alternatifnya untuk tetap berolahraga.

Puspita merupakan salah satu contoh perilaku masyarakat Asia Pasifik. Yaitu mereka sadar dan peduli terhadap berbagai permasalahan kesehatan yang disebabkan bertambahnya usia. Sayangnya mereka yang masih meremehkan pentingnya peran gizi terhadap kesehatan fisik seiring bertambahnya usia.

Manager Corpcomm Herbalife Indonesia, Intan Pratiwi Darmawanti mengungkapkan Herbalife telah melakukan survei untuk penuaan sehat di Asia Pasifik yang melibatkan 6.000 responden berusia 40 tahun ke atas.

Dari data tersebut 53 persen menyebut permasalahan tulang/sendi, diikuti oleh mata (46 persen), jantung (45 persen), dan otak (44 persen) sebagai kekhawatiran utama mereka. Meskipun demikian, 80 persen responden sepakat kalau mereka akan menerapkan pola hidup sehat seiring bertambahnya usia.

Dari sekian banyak metode hidup sehat, 43 persen menyatakan melakukan lebih banyak aktivitas fisik sebagai metode terbaik. Selanjutnya, 22 persen responden mengatakan cenderung memilih untuk mengkonsumsi nutrisi yang lebih baik. Sementara, hanya delapan persen mengaku akan mengkonsumsi suplemen atau melakukan pemeriksaan medis lebih rutin.

“Sebagian besar orang mengira gaya hidup sehat itu mahal. Padahal olahraga bersama senam saja sudah termasuk olahraga,” ujarnya.

Ia mencontohkan sejumlah alternatif olahraga yang bisa dilakukan, seperti jalan sehat hingga naik turun tangga sambil membawa jemuran. Menurutnya paling sederhana bisa diluangkan dengan lari pagi selama 30 menit usai subuh. Hal ini pastinya tidak akan menyita banyak waktu untuk persiapan kerja.

“Gerakan olahraga dalam wellness tour herbalife ini diadakan di 43 kota di Indonesia, 28.000 orang uang ikut partisipasi. Di Surabaya jumlahnya 2.500 orang yang ikut gaya hidup sehat,” ujarnya.

Selain itu, untuk hidup sehat tanpa obat-obatan juga harus diimbangi dengan pola konsumsi yang sehat. Mulai dari mengkonsumsi protein dan mineral yang cukup, karena protein ini meregenerasi sel-sel dalam tubuh.

“Yang sakit flu dan batuk pilek berarti selnya ada yang harus diganti. Sehingga badan tetap sehat, jadi asupan nutrisi seimbang harus dijaga. Banyak makan sayur dan buah dan masakan sendiri bukan junk food,” ujarnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help