Surya/

Berita Banyuwangi

Tindak Lanjut Arahan Presiden, Banyuwangi Fokus Infrastruktur Padat Karya

Fokus pertama yang ditekankan adalah pembangunan infrastruktur yang terintegrasi antara infrastruktur desa, pariwisata, dan pertanian.

Tindak Lanjut Arahan Presiden, Banyuwangi Fokus Infrastruktur Padat Karya
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi mengumpulkan jajaran SKPD dan camat, untuk sosialisasikan arahan presiden. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Usai mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengumpulkan kepala perangkat daerah.

Anas menyampaikan arahan Presiden Jokowi terkait penajaman program-program daerah, mulai dari pembangunan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, hingga peningkatan nilai tambah produk pertanian.

”Seluruh kepala daerah dipanggil Presiden Jokowi. Kami diberi arahan-arahan, banyak pencerahan baru yang kami dapat. Saya kumpulkan jajaran untuk menindaklanjuti arahan Presiden,” ujar Anas, Kamis (26/10/2017).

Anas mengatakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di-breakdown, sesuaikan dengan fokus pada poin-poin tertentu, sesuai arahan Presiden Jokowi sekaligus untuk ikut mendukung kesuksesan Nawacita.

Fokus pertama yang ditekankan Anas adalah pembangunan infrastruktur yang terintegrasi antara infrastruktur desa, pariwisata, dan pertanian.

Infrastruktur yang didorong pun sifatnya padat karya, karena bisa menyerap tenaga kerja.

"Lewat camat, desa telah kita intruksikan agar menggunakan dana desa untuk membangun proyek yang padat karya. Misalnya bangun jalan dan pembenahan pasar. Ini semua kan sifatnya membuka lapangan kerja. Program pelatihan perlu, tapi yang infrastruktur fisik juga perlu, tapi infrastruktur fisiknya jangan gapura saja yang tidak memberi nilai tambah ke ekonomi masyarakat secara luas," tegas Anas.

Di sektor ekonomi, Anas meminta kerja tim pengendali inflasi daerah bisa menjaga kinerjanya.

"Inflasi kita terus menjadi yang terendah di Jatim, ini perlu dijaga. Artinya, ekonomi tumbuh, tapi daya beli rakyat terjaga. Presiden Jokowi titip betul pesan soal inflasi ini, karena beliau concern melindungi daya beli rakyat," jelas Anas.

Berikutnya, Anas menekankan pada masalah percepatan perizinan.

"Kami telah mengawali transparansi dan integrasi dokumen perizinan lewat mal pelayanan publik. Terus kami sempurnakan mal ini," urainya.

Sektor pertanian juga menjadi perhatian Anas, khususnya masalah pasca panen.

Pemkab Banyuwangi akan mengalokasikan dana untuk membeli mesin-mesin yang terkait dengan pascapanen.

”Untuk nilai tambah produk pertanian, mulai banyak UMKM yang mengemas beras, buah, sayur dengan baik, termasuk hasil olahannya. Beras organik juga makin ramai dikembangkan di Banyuwangi. Ini terus kita jaga dan tingkatkan, di APBD juga sudah dijalankan pengembangan lahan uji coba beras organik berbagai varietas. Petani tinggal memakai mana yang terbukti hasil panennya tinggi,” ujar Anas.

Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help