Surya/

Kuliner

Bebek Mambuang, Wangi Daun Pandan dan Kemanginya Menggoda untuk Disantap

Daun pandan dan kemangi membuat menu Bebek Mambuang semakin wangi dan menggoda untuk disantap.

Bebek Mambuang, Wangi Daun Pandan dan Kemanginya Menggoda untuk Disantap
surya/achmad pramudito
Menu Bebek Mambuang di Travelodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menu bebek tentu tak asing bagi masyarakat.

Bagi banyak orang makan bebek digoreng kering, bebek kremes, bebek dimasak dengan bumbu rica-rica, bebek peking ataupun diolah dengan bihun menjadi bihun bebek sudah merupakan hal yang akrab di telinga pecinta kuliner bebek.

Bebek goreng yang dinikmati dengan nasi putih hangat serta sambal dilengkapi lalapan tidak pernah gagal membuat orang untuk ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Itu pula alasan Chef Hasyim menghadirkan menu bebek di Travelodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.

Khusus selama bulan Oktober-November ini juru masak Hotel Santika Premiere Gubeng menyajikan menu spesial Bebek Mambuang.

Bahan bumbu yang digunakan cukup mudah ditemukan, seperti sereh, lombok hijau, bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, cabe rawit, daun pandan, dan daun kemangi.

Bahan-bahan ini diolah kemudian direbus bersama bebek hingga empuk dan bumbunya meresap.

Penggunaan daun pandan dan kemangi membuat menu Bebek Mambuang semakin wangi dan menggoda untuk disantap.

“Menu bebek ini terinspirasi dari sajian bebek yang banyak disuguhkan bersama sambal. Sedang sajian khas di Hotel Santika Premiere adalah menu bebek disiram saus special,” kata Chef Hasyim.

Keunikan menu ini terletak pada bumbu yang digunakan untuk merebus kemudian disaring dan digunakan sebagai saus siraman untuk bebek yang telah digoreng, sehingga kenikmatan bumbu Mambuang dapat benar-benar terasa.

“Menu ini merupakan kreasi dari bumbu yang sederhana serta memanfaatkan saus rendaman yang diolah menjadi saus siraman bebek,” begitu ungkapnya.

Melengkapi menu ini, Bebek Mambuang yang pedas dan gurih disandingkan bersama nasi bakar hangat, lalapan segar serta rempeyek yang makin menambah kelezatan menu Bebek Mambuang ini.

“Disebut Bebek Mambuang, maksudnya eman (sayang kalau) dibuang,” ujar Chef Hasyim saat ditanya mengenai nama menu yang unik tersebut.

Menu minuman segar Lychee Southern di Travelodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.
Menu minuman segar Lychee Southern di Travelodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. (surya/achmad pramudito)

Menemani menu Bebek Mambuang tersedia minuman segar Lychee Southern yang terbuat dari perpaduan melon, lychee, orange juice dan lime juice.

Menu penutup Banana Quesadillas i Travelodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.
Menu penutup Banana Quesadillas i Travelodge Restaurant Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. (surya/achmad pramudito)

Sedangkan pecinta desert akan dimanjakan dengan menu penutup Banana Quesadillas yang terdiri atas potongan pisang dengan caramel yang digulung menggunakan tortilla serta diberi coklat ganache dan dipanggang hingga renyah pada kedua sisinya.

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help