Berita Magetan

LPKSM Patriot : Ada Udang Dibalik Izin Prinsif

Keluarnya izin prinsif yang diberikan Bupati Magetan kepada pengelola Mojosemi Forest Park itu disoal LPKSM Patriot

SURYA.co.id | MAGETAN - Setelah sembilan bulan beroperasi tanpa izin, Mojosemi Forest Park di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan akhirnya diberi izin. Kendati begitu, keluarnya izin prinsif yang diberikan Bupati Magetan kepada pengelola Mojosemi Forest Park itu disoal Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Patriot.

"Boleh dong kalau saya menduga ada gratifikasi di Izin Prinsif, untuk taman wisata hutan Mojosemi itu. Pasalnya, izin prisif itu tidak biasa, begitu mudah keluar. Apalagi izin izin sebelumnya sebagai dasar terbitnya Izin Prinsif belum dipunyai,"kata Ketua LPKSM Patriot Kabupaten Magetan Noorman Susanto kepada SURYA Online, Sabtu (21/10/2017).

Mestinya, tambah Noorman, sebelum izin prinsif yang ditandatangani Bupati Magetan itu terbit, pengelola Mojosemi Forest Park harus mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL).

"Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magetan, sebelumnya menyatakan, kalau IMB masih direvisi, artinya untuk memberikan IMB ditanah negara (PT Perhutani) prosesnya tentunya tidak semudah untuk perorangan atau perusahaan swasta, ini tahu tahu sudah jadi. Terus itu atasnama siapa,"ujar Noorman.

Noorman juga menanyakan pemasukan dari taman wisata hutan Mojosemi selama izin belum terbit dan hanya mengantongi izin prinsif itu.

"Kami tahu, sesuai info, pengelola pengelola itu hanya pegawai, ada investor dibelakangnya yang menjadi Bos.Terus selama belum punya izin kemarin, keuntungan dari wahana wisata itu masuk kemana, ke Bos langsung atau dibagi bagi dengan penguasa penguasa," ungkap pria berambut cepak ini.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Magetan, Joko Trihono membenarkan, semua surat izin taman wisata hutan Mojosemi, di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan sudah terbit lima hari lalu, termasuk IMB.

"Karena sudah ada izin prinsif, izin izin yang lain tinggal mengikuti. Semua izin sudah lengkap, sekitar lima hari lalu,"kata Joko Trihono, kepada Surya, tanpa menyebut detil IMB itu atasnama siapa, Sabtu (21/10).

Sementara Direksi Mojosemi Forest Park, Arief Mustofa yang dikonfirmasi seperti enggan menjawab masalah perizinan taman wisata yang dikelolanya dan malah mengalihkan pertanyaan soal izin itu.

"Berkat teman teman, semua sudah beres. Ini bukan masalah izin. Kita mohon dibantu nanti kalau Bapak kita (Suprawoto bakal calon bupati) maju ke Pilkada,"kata Arief Mustofa singkat kepada Surya.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved