Berita Surabaya

Dana 18 Miliar untuk Trem Batal Dimanfaatkan, PT KAI Lanjutkan Kerjasama dengan Pemkot Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan bahwa PT KAI sudah menyatakan sanggup melanjutkan perjanjian kerjasama proyek trem.

Dana 18 Miliar untuk Trem Batal Dimanfaatkan, PT KAI Lanjutkan Kerjasama dengan Pemkot Surabaya
surya/fatimatuz zahroh
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 

SURYA.co.id | SURABAYA – Usai berpolemik terkait anggaran trem yang dialokasikan dalam APBD perubahan tahun 2017 sebesar Rp 18 miliar, Pemkot mengadakan pertemuan dengan PT KAI, Jumat (20/10/2017).

Dalam pertemuan tersebut, dilakukan pembahasan terkait kelanjutan kerjasama realisasi proyek angkutan massal cepat trem antara Pemkot dengan PT KAI.

Sebagaimana diketahui, Pemkot sempat merasa khawatir bahwa PT KAI akan mundur dari proyek trem Surabaya setelah pemerintah pusat memutuskan untuk mencabut keputusan pendanaan dari APBN.

Hasil dari pertemuan terbatas itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan bahwa PT KAI sudah menyatakan bahwa mereka sanggup untuk melanjutkan perjanjian kerja sama yang sudah diteken sejak tahun 2015 lalu.

“Kami sudah ketemu dengan PT KAI hari ini, dan hasilnya, mereka sanggup untuk melanjutkan kerja sama. Jadi dana Rp 18 miliar itu tidak akan terpakai,” ucap Risma saat di ruang kerjanya, Jumat (20/10/2017) sore.

Dikatakan Risma, dana Rp 18 miliar itu mulanya sengaja dialokasikan sebagai dana cadangan untuk menyewa lahan PT KAI.

Khususnya di perencanaan untuk depo trem di Bumiarjo dan juga sejumlah lahan yang ada di trase trem Surabaya hingga di Jalan Rajawali yang ada beberapa merupakan PT KAI.

Jika PT KAI memutuskan untuk mundur dari kerja sama, maka dana tersebut akan digunakan untuk menyewa lahan milik PT KAI tersebut.

“Tapi karena sudah sepakat untuk lanjut, kita nggak jadi sewa. PT KAI akan tetap mendapatkan peran untuk mengoperasionalkan trem kita nanti,” tegas Risma.

Lebih lanjut, Risma menegaskan akhir tahun ini lelang trem akan dibuka. Ia belum mengetahui bagaimana lelangnya akan berjalan dan berapa lama akan berjalan lelangnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help