Pileg 2019

Hari ini Terakhir, Dari 19 Pendaftar Pileg 2019, Baru 7 Partai ini Lolos Verifikasi

Dari 19 partai itu, baru tujuh partai yang verifikasi data sipolnya mendapatkan tanda terima dari KPU.

Hari ini Terakhir, Dari 19 Pendaftar Pileg 2019, Baru 7 Partai ini Lolos Verifikasi
surya/fatimatuz zahro
Suasana verifikasi parpol peserta pemilu 2019 di KPU Surabaya, Senin (16/10/2017). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Hingga sore hari ini, Senin (16/10/2017), yang menjadi hari terakhir verifikasi pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2019, total 19 partai telah memasukkan data dalam sistem informasi partai politik (sipol) KPU Surabaya.

Dari 19 partai itu, baru tujuh partai yang verifikasi data sipolnya mendapatkan tanda terima dari KPU. Tujuh partai itu dinyatakan lolos verifikasi.

Yaitu PDIP, Perindo, PKS, Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Garuda, dan Partai Hanura.

Selain itu tiga partai yang berkasnya dikembalikan oleh KPU Surabaya, namun hingga saat ini belum mengembalikan berkas lagi. Yaitu PAN, Partai Gerindra, dan Partai Berkarya.

"Jadi sampai sore ini baru ada tujuh partai yang sudah kami beri tanda terima, dan ada tiga partai yang kami kembalikan karena masih ada ketidaksingkoranan data antara di sipol dan berkas fisik yang dikumpulkan. Dan satu partai yaitu Golkar sedang kami proses," ucap Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi.

Sebagaimana diketahui, Pileg 2019 sistem pendaftarannya menggunakan sistem online dengan pengisian data keanggotaan partai melalui sipol.

Dalam pengisian sipol tersebut, partai harus menginputkan nama, NIK, alamat, nomor KTA partai dan juga pekerjaan anggota partai. Jumlah minimal anggota yang diinputkan adalah 1.000 anggota.

"Setelah mengisi sipol, mereka wajib mencetaknya dan mengumpulkan ke KPU Surabaya dengan disertai salinan KTP dan KTA. Data fisik itu yang kami cocokkan sebagai verifikasi," kata Nur Syamsi.

Bagi partai yang berkasnya masih dikembalikan maupun yang belum sama sekali mengumpulkan data fisik untuk verifikasi, KPU Surabaya bakal menunggu hingga pukul 24.00 WIB hari ini.

Lebih lanjut, menurut Nur Syamsi, ada sejumlah partai baru yang mendaftar ke KPU Surabaya sebagai peserta Pileg 2019 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help