Surya/

Mabes Polri Puji Sistem Pemantauan Lalu Lintas Menggunakan CCTV di Surabaya

Sistem pengawasan lalu lintas dengan memanfaatkan kamera CCTV di Surabaya, mendapat apresiasi dari Mabes Polri. Begini respon Mabes Polri.

Mabes Polri Puji Sistem Pemantauan Lalu Lintas Menggunakan CCTV di Surabaya
surabaya.tribunnews.com/fatkhul alami
Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Royke Lumowa (ketiga dari kiri) didampingi Kapolretabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal melihat keberadaan commad center Polretabes Surabaya, Jumat (13/10/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sistem pengawasan pelanggaran lalu lintas dengan memanfaatkan kamera CCTV yang dibuat di Surabaya, diapresiasi Mabes Polri

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Royke Lumowa menuturkan, setelah melihat keberhasilan di Surabaya, pemantauan lewat CCTV diusulkan diterapkan di seluruh jajaran kepolisian di Indonesia.

Royke Lumowa saat meninjau pengoperasian Command Center di Polrestabes Surabaya, melihat langsung beberapa pelanggaran melalui CCTV di beberapa ruas jalan Kota Pahlwan.

Ada sekitar 70 titik kamera pengawas yang dioperasikan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya dalam melakukan pengawasan terjadinya pelanggaran lalu lintas.

“Sistem ini cukup baik dan akan diberlakukan menjadi program nasional di jajaran kepolisian se-Indonesia," kata Royke di Mapolrestabes Surabaya, Jum’at (13/10/2017).

Menurut perwira dengan dua bintang di pundaknya, dengan sistem ini, nanti akan lebih memudahkan identifikasi terhadap kendaraan yang melanggar. Sehingga, polisi tidak harus banyak berada di lapangan.

“Kecanggihan kamera CCTV ini, petugas yang biasa di lapangan 15 anggota, nanti bisa dihemat menjadi empat atau lima anggota saja,” kata Royke.

Mantan Kasat Lantas Polretabes Surabaya ini juga memuji terobosan selangkah lebih maju yang dilakukan di Surabaya ini. Nantinya, dengan adanya pengoperasian ini, target penurunan terjadinya pelanggaran lalu lintas dapat ditekan.

Royke menambahkan, tilang elektronik juga merupakan bentuk modernisasi kepolisian.

"Bukan hanya perilaku saja yang modern, tapi alat juga," terang Royke.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal menambahkan, Commad Center ini sangat membantu. Keberadaaanya yang terkoneksi dengan CCTV milik Dinas Perhubungan Surabaya sangat membantu tugas-tugas kepolisian dalam memantau keamanan dan lalu lintas.

"Kita bisa melihat semua ativitas yang ada di Surabaya, karena kami selalu memonitor lewat layar yang terkoneksi dengan CCTV se Surabaya," terang Iqbal. 

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help