Surya/
Grahadi

Press Release

Bude Karwo : Jangan Takut, Kanker Bisa Diobati

Ketua YKI Jatim, Bude Karwo, mendorong para pasien kanker agar tak mudah menyerah karena pada prinsipnya, kanker dapat diobati.

Bude Karwo : Jangan Takut, Kanker Bisa Diobati
ist/humas pemprov jatim
Ketua YKI Jatim, Bude Karwo, saat meresmikan Taman Kirana, Taman Bermain Kirana, Taman Balita, dan Taman Toga Medika Kirana, serta Hospital Schooling di lingkungan RSUD dr Soetomo Surabaya, Jum’at (13/10) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Jawa Timur, Dra Hj Nina Soekarwo MSi atau Bude Karwo, berharap masyarakat lebih peduli dalam menjaga kesehatan, dengan menerapkan pola hidup sehat.

Menurutnya, kepedulian itu harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Selain itu, menurut dia, Jika harus berhadapan dengan tanda-tanda sakit kanker, tidak perlu takut karena kanker bisa diobati dan disembuhkan asal ditangani dengan cara dan waktu yang tepat.

“Penderita kanker jangan putus asa, tetap sabar dan semangat menjalani perawatan. kalian tidak sendiri, kami ada bersama kalian” ujarnya saat meresmikan Taman Kirana, Taman Bermain Kirana, Taman Balita, dan Taman Toga Medika Kirana, serta Hospital Schooling di lingkungan RSUD dr Soetomo Surabaya, Jumat (13/10/2017).

Menurut Bude Karwo, penderita kanker rata-rata 70 persen datang memeriksakan diri ketika kankernya sudah dalam stadium lanjut.

Padahal, penyembuhan akan lebih mudah dilakukan saat kanker masih masuk stadium dini. 

Untuk itu, YKI Cabang Jatim dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker services dan breast cancer (kanker payudara) secara gratis dengan harapan bisa mencapai target 132 ribu orang. Sampai saat ini, deteksi dini telah dilakukan kepada 65 ribu orang

“Upaya ini harus dilakukan agar gejala kanker bisa diketahui sejak awal atau terdeteksi sejak dini. Upaya preventif lebih murah dan penyembuhannya lebih cepat dan lebih baik, kalau kuratif memiskinkan penderita,” imbuhnya.

YKI Cabang Jatim, lanjutnya, ingin perawatan paliatif tetap berada dalam universal care, sehingga tidak ada lagi orang yang terabaikan dalam penderitannya dan tidak ada lagi orang yang jatuh miskin karena penyakitnya.

Upaya paliatif bebas nyeri Jatim sendiri,  menurutnya sangat baik dan dapat menjadi contoh karena hanya RSUD dr Soetomo Surabaya satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang mempunyai gedung paliatif.

Halaman
123
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help