Surya/

Jadi Tuan Rumah KTRI, ITS Terjunkan Tim Bayu Caraka

ITS Surabaya bakal menjadi tuan rumah ajang Kontes Robot Terbang Indonesia tahun ini. Bagaimana persiapan mereka?

Jadi Tuan Rumah KTRI, ITS Terjunkan Tim Bayu Caraka
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Tim BAyu Caraka ITS melakukan ujicoba jelang "Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di halaman gedung Robotika ITS Surabaya, Kamis (12/10/2017).Kali ini Kemenristekdikti menunjuk ITS sebagai tuan rumah KRCI 2017 dan akan diselenggarakan di lapangan udara raci pasuruan pada 16-19 krober 2017 dengan peserta seluruh perguruan tinggi se Indonesia dengan empat kategori lomba. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Tahun ini, Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya menjadi tuan rumah KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia), sebuah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

Darmaji, Direktur Kemahasiswaan ITS mengungkapkan, perlombaan akan dilaksanakan 16 sampai 19 Oktober 2017 di Lapangan Udara Raci Pasuruan.

“Ada 77 universitas yang akan mengikuti final, proses seleksinya sudah jauh hari mulai dari proposal,” ungkapnya saat uji coba robot terbang dari tim ITS ‘Bayu Caraka’ di halaman gedung robotika ITS, Kamis (12/10/2017).

Universitas yang tergabung dalam kompetisi ini mencakup PTN dan PTS dengan jumlah keseluruhan 200 peserta. 

Masing-masing tim perwakilan perguruan tinggi, beranggotakan tiga orang. 

“Peserta sedikit, biasanya suporter yang banyak. Kami sudah antisipasi piihan akomodasi pada suporter. Kalau untuk peserta semua akomodasi ditanggung panitia,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam KTRI terdapat empat kategori lomba. Yaitu Divisi Fixed Wing, Divisi Racing Plane, Divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL) dan Technology Development.

Tahun lalu, dalam KTRI di Universitas Lampung, tim ITS berhasil meraih juara tiga pada divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL) divisi Racing Plane (RP).

“Tahun ini kami menerjunkan di semua divisi, kami sejak awal mencanangkan dua sukses. Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” ujarnya.

Rudy Dikairono, dosen pembimbing tim robot terbang ITS mengungkapkan semua universitas biasanya menerjunkan timnya di semua divisi. Tahun ini ITS telah mempersiapkan diri untuk bisa mendapat juara di empat divisi dan menjadi juara umum.

“Peserta KTRI ini sudah melalui seleksi proposal dan video, baru bisa masuk ke tahap nasional. Tim ITS sudah masuk tahap nasional semua,” ujarnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help