Surya/

Berita Sidoarjo

Program Mandiri Pangan Bawa Sidoarjo Raih Penghargaan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Sidoarjo meraih penghargaan Kawasan Rumah Pangan Lestari dari DPKP Jatim. Ini alasannya...

Program Mandiri Pangan Bawa Sidoarjo Raih Penghargaan Kawasan Rumah Pangan Lestari
surabaya.tribunnews.com/irwan syairwan
Kepala Dinas Pertanian Sidoarjo, Handajani (paling kiri) usai menerima penghargaan Kawasan Rumah Pangan Lestari dari DPKP Jatim, Selasa (10/10/2017). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kabupaten Sidoarjo meraih penghargaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Jatim, Selasa (10/10/2017).

Penghargaan ini diberikan untuk kawasan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan bergizi bagi warganya.

Kepala Dinas Pertanian Sidoarjo, Handajani, mengatakan Sidoarjo menjadi juara satu se-Jatim untuk KRPL tersebut. Selain meraih KRPL, DKP Jatim juga memberikan penghargaan Juara Umum Lomba Cipta Menu.

"Penghargaannya diberikan langsung oleh Bu Karwo," kata Handajani, di sela-sela acara Hari Pangan se-Dunia di Hotel Utami.

Handajani menuturkan pihaknya membuat program mandiri pangan berupa penyaluran bibit tanam dan ikan untuk bisa meraih KRPL ini.

Ia mengungkapkan, setidaknya di lima wilayah kecamatan diberikan bantuan bibit tanam berupa sayuran-buah, serta ikan lele yang bekerjasama dengan Dina Peternakan Sidoarjo.

Dari penyaluran bantuan bibit ini, warga bisa memanfaatkan lahan kosong rumahnya untuk ditanami berbagai jenis buah dan sayur, serta membuat kolam tambak lele. Dari sini, lanjutnya, warga bisa mengadakan hasil pangan sendiri tanpa harus membeli.

"Setidaknya ada enam desa yang kami salurkan bantuan bibit itu berikut pendampingannya. Warga sekarang sudah mampu menghasilkan pangan sehat dan bergizi langsung dari rumahnya sendiri," sambungnya.

Dengan penghargaan KRPL ini, diharapkan desa-desa yang menjadi percontohan bisa memberikan pengetahuannya kepada desa-desa lain. Handajani pun menyatakan akan memperbanyak program ini di tahun anggaran mendatang.

"Tahun anggaran kali ini hanya mampu segitu yang kami beri beri bantuan. Berikutnya akan bertqmbah lagi," ujarnya.

Jika banyak warga Sidoarjo yang rumahnya memiliki kebun pekarangan produktif, masyarakat Kota Delta akan mandiri secara pangan.

Terkait kondisi cuaca yang masih musim kemarau, Handajani mengklaim kondisi pertanian di Sidoarjo masih aman. Pihaknya baru saja mendapat kiriman air dqri Jabon untuk mengairi sawah di berbqgai kawasan sekitar untuk musim tanam terakhir.

"Tadinya memang kami sempat khawatir musim tanam terakhir akan gagal. Namun setelah ada kepastian kiriman air irigasi, kami jadi tenang," ucapnya.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help