Surya/

Berita Banyuwangi

Orang-orang Desa di Balik Konservasi Pantai Banyuwangi

Bermodal garis pantai yang panjang, Banyuwangi memiliki potensi wisata yang besar. Tetapi, konservasi pun harus tetap digalakkan.

Orang-orang Desa di Balik Konservasi Pantai Banyuwangi
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Tempat pembesaran penyu dan edukasi penyu di Pantai Cemara, Kabupaten Banyuwangi. 

Banyuwangi menggalakkan gerakan konservasi di sepanjang garis pantainya. Selain pemerintah dan pihak swasta, keterlibatan warga setempat menjadi modal dalam keberhasilan konservasi.

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur memiliki garis pantai yang terbentang sepanjang 175 kilometer. Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa itu, memiliki berbagai potensi maritim.

Kini warga desa di sepanjang garis pantai Banyuwangi, telah sadar pentingnya menjaga potensi laut mereka.

Seperti di Pantai Rejo, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi.

Pantai itu kini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Cemara. Ini karena Pantai Rejo terdapat konservasi hutan cemara dan penyu.

Di pantai yang terletak tiga kilometer dari Kota Banyuwangi itu, terdapat tempat penakaran penyu bantuan dari PT Pertamina.

Terdapat dua tempat yang dikhususkan untuk konservasi penyu. Satu tempat untuk penetasan telur penyu, dan tempat lainnya untuk pembesaran sekaligus edukasi tentang penyu. PT Pertamina juga membantu penanaman pohon cemara, untuk menghindari abrasi.

Area konservasi penyu di Pantai Cemara, Banyuwangi.
Area konservasi penyu di Pantai Cemara, Banyuwangi. (surabaya.tribunnews.com/haorrahman)

Ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR), Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Tanjungwangi, PT Pertamina, bersama Dinas Perikanan, Kelautan, dan Ketahanan Pangan Pemkab Banyuwangi, sejak 2013 lalu.

Keberadaan penyu dan cemara di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Sejak dijadikan tempat konservasi cemara dan penyu, pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang akhirnya menjadi berkah bagi penduduk sekitar.

Mustofa, warga setempat, mengatakan, pendapatan dari Pantai Cemara, juga digunakan untuk membangun masjid, dan membantu warga miskin yang ada di kampungya.

Halaman
1234
Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help