Surya/

Reportase dari China

Dan Wuhan pun Penuh Warna Batik Indonesia …

jauh dari Indonesia, batik yang menyatukan mereka ... maka, warna-warni dan ragam corak batik menjadi identitas mereka di Tiongkok ...

Dan Wuhan pun Penuh Warna Batik Indonesia …
yogi bagus adhimas/citizen reporter
Persatuan pelajar Indonesia Tiongkok di Wuhan merayakan hari batik 

Reportase Yogi Bagus Adhimas
Mahasiswa S2 Central China Normal University, Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin

 

TANGGAL 2 Oktober dirayakan sebagai Hari Batik Nasional. Hari istimewa bagi warga negara Indonesia itupun dirayakan meriah oleh mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Wuhan, Tiongkok.

Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok regional Wuhan (PPIT-W) mengadakan penyambutan mahasiswa baru sekaligus memperingati Hari Batik Nasional, Senin (2/10/2017) di kampus Huazhong Agricultural University.

Dengan berbusana batik, hadir puluhan mahasiswa Indonesia dari berbagai kampus di Wuhan untuk saling bersalam sapa, berkenalan dan mengikuti acara.

Di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan ketua panitia dan Ketua PPIT-W. Peserta terlihat bangga mengenakan batik favorit masing-masing saat sesi pembuatan video singkat merayakan Hari Batik Nasional.

Alam pun mendukung, cuaca berawan dan sejuk saat peserta mengikuti acara pengenalan Kota Wuhan. Perjalanan menuju sejumlah pos yang sudah dilengkapi dengan aneka informasi seputar Kota Wuhan, tentang wisata hingga larangan dan kebiasaan warga Kota Wuhan. Juga, cara pengurusan paspor dan lain lain, yang akan sangat berguna selama di Wuhan.

Istirahat, salat, dan makan menjadi acara selanjutnya. Penampilan grup musik, penyanyi tunggal dan tarian Rapai Geleng Aceh menemani acara siang itu.

Aneka lomba ala kemerdekaan pun digelar, seperti tarik tambang, memasukkan paku ke dalam botol dan lain lain, menjadi sajian berikutnya. Semua peserta, tua muda, mahasiswa baru dan senior pun berbaur dalam keseruan.

Di pengujung acara diisi dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba. Foto bersama menjadi sesi yang paling ditunggu semua peserta. Apalagi mengenakan batik kebanggaan dalam aneka ragam dan corak yang sangat indah. Bahkan, ada mahasiswa satu kampus yang hadir dengan seragam batik.

Maklum, corak, ragam, jenis, dan asal batik Indonesia sangatlah beragam. Namun kesemuanya tetaplah batik. Sama seperti Indonesia, yang memiliki banyak suku, budaya, dan bahasa, namun semuanya tetaplah warga negara Indonesia.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help