Surya/

Citizen Reporter

Berliterasi dan Mendulang Royalti

salah satu keuntungan berliterasi selain membukukan ide dan gagasan, juga menikmati royalti dari buku-buku yang terjual ...

Berliterasi dan Mendulang Royalti
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase Silicha Sofiyatul Ulfa
Tutor Kelas Menulis Kreasi Rumah Pena

KESAN bahagia tampak di wajah para anggota klub menulis Kreasi Rumah Pena. Selama ini mereka belajar di dalam ruangan, Sabtu (23/9/2017) siang itu puluhan anggota klub memadati perpustakaan Taman Flora Surabaya, mengikuti sesi pembinaan jurnalistik.

Pertemuan di akhir pekan itu untuk menggali potensi anggota klub agar terampil menulis. Tak hanya menulis puisi, cerpen, novel, namun juga menulis karya jurnalistik seperti berita, opini juga feature.

Kegiatan yang diikuti para remaja dan anak-anak ini telah melahirkan penulis-penulis baru yang karya mereka sudah tertata di toko buku.

Yunus Achmadi, salah satu pembina klub mengakui keberhasilan anggotanya tak lepas dari keaktifan mereka mengikuti pembinaan dan ajang perlombaan.

”Alhamdulillah saya rutin mengikuti kelas menulis dan lomba,” Ananda Putri, anggota klub yang sudah memiliki dua buku cerita dan memenangkan lomba menulis tingkat nasional ini membenarkan.

Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB itu diawali dengan sesi motivasi sebelum pemberian materi.

Intan, dari ITS Surabaya mengaku, motivasinya mengikuti kegiatan semata-mata untuk mengasah keterampilannya menulis, untuk menuangkan idenya ke dalam bentuk buku.

Yunus menambahkan, para anggota tak hanya dibekali cara menulis, setiap naskah yang dihasilkan akan disalurkan ke beberapa penerbit untuk diterbitkan agar anggota klub termotivasi menulis.

“Bahagia bisa bikin buku sendiri dan menikmati royalti,” ujar Nayla Sabitha sembari menunjukkan buku barunya yang sudah terjual di Gramedia. Selain ditabung sebagian royalti juga dibuat makan-makan, sambung penulis buku Teman Sampai ke Surga.

“Kami harap kegiatan ini terus ada supaya anak-anak memiliki wadah menuangkan kreasinya,” harap Paramita, orangtua anggota klub.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help