Surya/

Lapor Cak

Warga Pilih Datangi Pemkot Desak Kontraktor Masuk Black List

Kesal karena kontraktor tidak bertanggungjawab atas dampak dari proyek yang dikerjakan, warga memilih lapor ke Pemkot Surabaya.

Warga Pilih Datangi Pemkot Desak Kontraktor Masuk Black List
surya/nuraini faiq
Box culvert bikin bangunan retak. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kekesalan Irma sudah terakumulasi. Tidak saja karena rumahnya retak, namun teras rumahnya yang semula cor kini berubah menjadi tanah. Janji kontraktor mengembalikan seperti semula, dianggapnya palsu semata.

Senin siang (9/10/2017), Irma bersama keluarganya memilih mengadu ke Dinas PU Pemkot Surabaya. Di sana Irma diminta ke layanan pengaduan di Dinas PU.

Dia berharap CV Cahaya Pratama ditegur untuk menuntaskan kewajibannya. Jika tidak ada itikad baik sebaiknya CV itu masuk black list. 

"Saya sudah lima kali menghubungi Pak Eko selaku mandor proyek. Tapi yang terakhir kami tak digubris. Ditelepon aktif tapi gak diangkat. SMS juga tak dibalas," kesal Irma.

Irma sebenarnya bisa memahami jika Kontaktor mungkin perlu waktu. Namun hingga lima hari rumahnya makin retak dan teras kalau hujan bisa licin. Sebab hanya diuruk tanah.

Sebagaimana perjanjian dengan warga, kontraktor itulah yang berhak mengembalikan kondisi kerusakan yang ditimbulkan proyek. Semua kerusakan akibat proyek tanggung jawab kontraktor.

Ketua RT 09 Saikun menuturkan bahwa kewajiban kontraktor meratakan jalan aspal usai dipasang box culvert. Termasuk memperbaiki kerusakan akibat proyek dan ada jembatan penghubung ke rumah.

Karena cemas dengan kondisi rumah yang retak, Irma berkali-kali menghubungi pihak Kontaktor. Namun hingga kemarin tidak ada itikad dan niatan baik.

"Kalau memang mau mengembalikan kondisi cor, mbok ya ada itikad baik. Tapi ditelepon mandor proyek gak diangkat," ujar Irma.

Humas Pemkot Surabaya saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa setiap dampak proyek menjadi tanggung jawab pelaksana proyek.

"Apalagi berdampak pada tempat Tinggal. Harus segera diperbaiki. Jangan sampai ada korban," kata Fikser.

Pemkot Surabaya selama ini perhatian betul atas pelaksanaan proyek yang didanai APBD. Tidak Hanya administrasi, hal kecil tapi membawa dampak ke masyarakat akan sangat diperhatikan. 

(Baca: Proyek Box Culvert di Sambikerep Bermasalah- Dinding Rumah Warga Retak Ditinggal Lari Kontraktor)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help