Surya/

Citizen Reporter

Janaka Penikmat Semesta

baru kau menyadarinya betapa tiada artinya dirimu di antara bentangan semesta mahakarya yang mahakuasa ... janaka 2017

Janaka Penikmat Semesta
apod nasa
Semesta dalam bidikan Nasa 

Reportase Zidna F Adh
Malang Astronomy Club/Panitia JANAKA 2017

JAMBORE Nasional Klub Astronomi (Janaka) 2017 adalah jambore pertama yang diadakan para pegiat astronomi amatir Indonesia. Mereka belajar keastronomian bersama para astronom profesional dan menjalin silaturahim antar pegiat astronomi dari berbagai klub di Indonesia.

Mengikat Rasa Belajar Semesta menjadi tema yang layak menggambarkan semangat dan nuansa jambore nasional klub astronomi selama tiga hari (22-24/9) di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (BPAA-LAPAN) Pasuruan.

Selama itu para Astronom amatir berkesempatan mempelajari perkembangan astronomi di Indonesia bersama Kepala LAPAN RI, Prof Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN BPAA Pasuruan, Dian Yudha Risdianto ST MT, Dr Hakim L Malasan, dosen astronomi ITB dan mantan Wakil Presiden Division C IAU: Education, Outreach and Heritage.

241 Astronom amatir hadir di Janaka 2017 mengikuti kuliah astronomi, star party, astronom go green (penanaman pohon), tour de lab, sosialisasi keantariksaan dan keatmosferan bersama pelajar SMA, sharing knowledge antar komunitas astronomi amatir via workshop interaktif.

Jambore juga diikuti 38 komunitas astronom amatir, terdiri dari 20 komunitas berbasis umum, sembilan komunitas berbasis perguruan tinggi, dan sembilan komunitas berbasis SMA/sederajat, dengan sebaran geografis meliputi DKI Jakarta tiga komunitas, Jawa Barat lima komunitas, DI Yogyakarta delapan komunitas, Jawa Tengah delapan komunitas, Jawa Timur 13 komunitas, dan Sulawesi Selatan satu komunitas.

Janaka 2017 berhasil menyedot perhatian publik, terutama di dunia pendidikan (SMA-PT). LAPAN, badan keilmuan antariksa dan atmosfer, sangat baik dalam menyambut kegiatan ini.

Pendidikan publik yang disosialisakan LAPAN perlu dipresiasi dengan baik oleh para pegiat astronomi amatir khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Karena regenerasi harus terjadi. Masa depan negeri ini bertumpu pada generasi mudanya.

Dan LAPAN mengedukasi generasi muda dengan sangat baik. Mengikat rasa dalam kebersamaan belajar semesta, mampu menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT bahwa manusia makhluk istimewa di jagat semesta ini.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help