Surya/

Lapor Cak

Motor Petugas Command Center 112 Dipasangi GPS

"Semua kendaraan operasional sudah kita pasangi GPS. Jadi lebih mudah untuk membantu mengarahkan pengemudi saat meluncur ke tempat kejadian."

Motor Petugas Command Center 112 Dipasangi GPS
surya/achmad zaimul haq
Aktivitas petugas di Command Center latai III Eks Gedung Siola. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Layanan tanggap bencana milik Pemkot Surabaya mulai dinikmati masyarakat. Setelah kepolisian turut bergabung dalam layanan tanggap darurat melalui Command Center 112, kini dari segi fasilitas armada pun dibuat lebih canggih.

Seluruh kendaraan operasional Pemkot yang menjadi dinas teknis di Command Center dipasangi chips GPS.

Alat tersebut dipasang agar bisa dipantau dan dipandu saat menuju ke tempat kejadian bencana.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkot Surabaya Antiek Suguharti mengatakan untuk kendaraan operasional roda empat semua sudah dipasangan chips GPS.

Mulai Satpol PP, Linmas, Pemadam Kebakaran, ambulans dan juga kendaraan operasional sudah terpasangi GPS.

"Semua kendaraan operasional sudah kita pasangi GPS. Jadi lebih mudah untuk membantu mengarahkan pengemudi saat meluncur ke tempat kejadian. Dicarikan jalan," kata Antiek, Minggu (8/10/2017).

Misalnya untuk kendaraan pemadam kebakaran, petugas di kantor akan membantu melihatkan jalan tercepat mana yang bisa ditempuh untuk bisa sampai dengan cepat. Sebab respon time dari Command Center ditargetkan maksimal tujuh menit.

Jika ada kondisi jalan macet akan dibantu mencarikan jalur lain yang lebih lengang. Dengan begitu tempat kejadian bencana bisa segera terjangkau dan bencana bisa segera tertangani.

Tidak sampai di sana, kini Pemkot juga tengah berupaya untuk memberikan alat chips ke kendaraan roda dua. Baik itu untuk Satpol PP, Dishub, dan juga untuk Linmas.

"Sekarang masih dalam proses pemasangan untuk yang roda dua," kata Antiek.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help