Berita Surabaya

Ya Allah! Daftar Haji Sekarang Baru Berangkat 21 Tahun Lagi

Warga muslim Surabaya yang berniat menyempurnakan rukun Islam kelima, naik haji harus bersabar, ini sebabnya -->

Ya Allah! Daftar Haji Sekarang Baru Berangkat 21 Tahun Lagi
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi - Jemaah haji sujud dan berdoa usai turun dari pesawat Saudi Arabia saat tiba di Bandara Internasional Juanda 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Warga muslim Surabaya yang berniat menyempurnakan rukun Islam kelima, naik haji harus bersabar. Jika saat ini ingin mendaftar calon haji ke Kemenag Jatim akan berangkat 21 tahun lagi.

Setidaknya hingga saat ini, masa tunggu antrean mendapat kuota calon haji di Jatim sudah lebih dari 20 tahun. Bahkan sebelum ada penambahan kuota haji sekitar 7.000 an kemarin, masa tunggu nomor porsi ini bisa 25 tahun.

"Pendaftar saat ini sudah mencapai sekitar 800.000 an orang. Kalau sekarang medaftar haji insya Allah berangkat 2038. Jika porsi haji kita tidak ditambah," jelas Kabid Haji dan Umrah Kemenag Jatim, Faridul Ilmi, Minggu (7/10/2017).

Tahun ini porsi haji yang berangkat ke Tanah Suci sebayak 35.270 orang. Jumlah ini meningkat dibanding 2016 sebanyak 28.450 kursi. Diprediksi tahun depan porsi haji Jatim tidak mengalami perubahan. 

Namun Faridul masih akan terus mengupdate jatah porsi haji Jatim tahun depan. Biasanya porsi itu relatif sama dengan tahun sebelumnya. Kemenag Jatim hanya mengajukan list pendaftar haji

Saat ini jumlah pendaftar haji di Jatim mencapai 800.171 orang. Jumlah ini akan terus bertambah seiringnya waktu. Sistem urut kacang dalam sistem komputerisasi  akan mengatur porsi haji 2018. 

Siapa yang mendaftar paling duluan berhak atas porsi haji paling atas. Mereka berhak diterbangkan ke Tanah Suci lebih dulu.

"Namun jika usia di atas 75 tahun berhak atas prioritas berangkat," jelas Faridul.

Bagi yang berniat mendaftar haji tahun ini syarat utama adalah mendaftar dengan setoran awal dana haji di bank. Besarnya Rp 25 juta. Ini sebagai syarat utama mendapatkan porsi haji

Baru setelah mendapat porsi haji  akan diberi tahu petugas. Selanjutnya menjelang keberangkatan di tahun itu diwajibkan melunasi biaya haji di kisaran Rp 35 juta.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved