Pemkot Surabaya Tambah Anggaran Pavingisasi dan Perbaikan Saluran Senilai Rp 40 Miliar

Anggaran untuk pavingisasi dan perbaikan di Surabaya ditambah Rp 40 miliar dan harus terserap dalam waktu 3 bulan. Begini kata DPRD Surabaya.

Pemkot Surabaya Tambah Anggaran Pavingisasi dan Perbaikan Saluran Senilai Rp 40 Miliar
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - DPRD Kota Surabaya meminta Pemkot Surabaya untuk ketat mengawal penyerapan anggaran perbaikan saluran dan pavingisasi di kawasan permukiman.

Terutama setelah dalam perubahan anggaran keuangan APBD 2017, terdapat penambahan anggaran sebesar Rp 40 miliar yang harus terserap dalan waktu tiga bulan.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Syaifuddin Zuhri mengatakan, dengan penambahan anggaran ini ia ingin Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya optimal dalam membenahi saluran tersier di kampung-kampung.

"Tahun lalu, urusan paving dan saluran kampung ada di bawah Dinas PU Bina Marga dan Pematusan. Tapi sekarang ada di Dinas Cipta Karya, maka anggaran ini harus dikawal ketat, dan harus dipastikan terserap," kata pria yang akrab disapa Ipuk ini, Jumat (6/10/2017).

Lantaran menangani perbaikan saluran tersier, dikatakan Ipuk, tentunya banyak pengajuan yang dilakukan warga melalui musrenbang (musyawarah rencana pembangunan).

Pihaknya meminta agar usulan dalam musrembang dikawal secara benar dan ada sistem proritas yang detail agar warga tak merasa diberi harapan kampungnya akan diperbaiki, namun tak disertai kejelasan kapan itu direalisasikan. 

Sebab, menurut Politisi PDIP ini, usulan dan keluhan yang banyak muncul dari warga kampung melalui musrembang ada soal saluran.

Begitu juga dengan pavingisasi. Menurut Ipuk, pengadaan paving kini lebih mudah. Ini lantaran aturan dari pusat sudah membolehkan bahwa pengadaan pavingisasi bisa dilakukan tanpa lelang.

"Sebab pengerjaan paving tidak sampai lebih dari Rp 200 juta. Maka bisa dilakukan tanpa lelang melainkan pakai sistem penunjukan langsung," kata Ipuk.

Dengan begitu ia meminta agar anggaran kegiatan pavingisasi dan perbaikan saluran di kampung bisa terserap baik sampai akhir tahun mendatang.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help