Surya/

Citizen Reporter

Di Puncak Pesona Kawah Ijen Banyuwangi Itu …

semua rasa letih terbayar begitu kaki menginjak puncak kawah Ijen .. pun perjalanan pulang terasa kian ringan karena ada taksi yang bisa disewa ..

Di Puncak Pesona Kawah Ijen Banyuwangi Itu …
ninda sintyah rachmawati/citizen reporter
kawah Ijen Banyuwangi 

Reportase Ninda Sintyah Rachmawati
Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro Jurusan Pendidikan Matematika

KAWAH Ijen memiliki keunikan yang tak dimiliki kawah-kawah lain di Indonesia. Yakni, fenomena alam blue fire yang konon hanya ada dua di dunia ini. Yaitu di kawah Ijen, Banyuwangi, Indonesia dan di Islandia.

Tentu menjadi kebanggaan tersendiri ketika bisa menjejak hingga ke puncak kawah di ketinggian sekitar 2.443 mdpl itu. Bersama rombongan kursus bahasa Inggris dari Pare, Kediri, kami menempuh perjalanan sekitar empat jam dengan berjalan kaki hingga ke puncak kawah.

Jika ingin melihat blue fire secara langsung, harus mengambil start pukul 01.00 dini hari saat gerbang pendakian baru dibuka. Karena blue fire sudah tidak akan tampak lagi jika jam sudah menunjukkan pukul lima sampai setengah enam pagi.

Medan perjalanan memang lumayan sulit, sebab tanah yang berpasir. Oleh karenanya sangat disarankan untuk mengenakan sepatu tracking atau sandal gunung demi kenyamanan pendakian. Juga udara yang sangat dingin ketika pendakian mewajibkan pengunjung mengenakan jaket tebal.

Rasa letih dan capek akan hilang ketika sudah sampai dan tiba di puncaknya. Tidak perlu khawatir bagi yang merasa sangat lelah untuk menuruni kembali gunung Ijen.

Selain penambang belerang di sana juga ada pekerja pembawa taksi. Maksudnya, gerobak empuk seperti sofa yang dikendalikan para pekerja. Tarif taksi ini lumayan mahal, tergantung dari mana penumpang naik.

Jika dari puncak kawah Ijen sudah menyetop taksi, jangan ragu untuk membayar Rp 300.000. Maklum, karena 'sopir' taksi ini menyopirinya dengan cara berjalan kaki. Jadi, penumpang seperti ratu yang siap diantar dengan gerobak ke istananya.

Di sini juga mudah menemukan wisawataan dari berbagai negara. Saking banyaknya, mungkin wisatawan lokal akan merasa menjadi turis di negara sendiri.

Tiket untuk pengunjung umum yang berasal dari Indonesia hanya Rp 8.000 - Rp 10.000 pada akhir pekan. Untuk wisatawan mancanegara dikenakan Rp 150.000.

Penasaran ingin menikmati langsung pesona kawah hijau toska, fenomena blue fire dan serunya pendakian di gunung Ijen? Jadwalkan saja kunjungan ke Banyuwangi.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help