Surya/

Berita Bisnis

BNI Kucurkan Kredit Usaha Rakyat untuk Petani Tebu di Bawah PTPN X

BNI menjadikan PTPN X sebagai pemberi rekomendasi permohonan kredit yang diajukan petani.

BNI Kucurkan Kredit Usaha Rakyat untuk Petani Tebu di Bawah PTPN X
surya/sri handi lestarie
Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurog (kiri) bersama Slamet Djumantoro, Pemimpin BNI Kantor Wilayah Surabaya, usai penandatangan kerjasama penyaluran KUR untuk petani tebu di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI kembali bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X dengan mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani tebu.
Para petani tebu itu merupakan mitra dari PTPN X yang berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang.

Slamet Djumantoro, Pemimpin BNI Kantor Wilayah Surabaya, mengatakan, penyaluran KUR ini untuk meningkatan perekonomian para petani tebu

"Melalui kerja sama ini para petani memperoleh kepastian pembiayaan sekaligus mendapatkan perusahaan yang bersedia menampung hasil panen dan produk-produk olahannya," kata Slamet, disela penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara BNI dan PTPN X di Kantor Pusat PTPN X di Surabaya, Jumat (6/10/2017).

Adapun BNI berperan dalam menawarkan fasilitas kredit berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Kemitraan Bina Lingkungan dan jasa perbankan.

Dalam kaitan penyaluran KUR dan Kredit Kemitraan tersebut, BNI menjadikan PTPN X sebagai pemberi rekomendasi permohonan kredit yang diajukan petani.

PTPN X juga akan membuat dan menandatangani perjanjian kemitraan dengan petani, serta membantu kelancaran penyediaan sarana serta prasarana untuk budidaya tebu.

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurog, menambahkan, dalam kerja sama ini , PTPN akan bertindak sebagai main off taker atau pihak yang menjadi pembelian hasil panen para petani tebu.

"Kami juga akan memberikan bantuan teknis budidaya dan pembinaan pertanian kepada para petani tebu rakyat binaan kami," kata Dwi Satriyo.

PTPN X saat ini sudah memberikan pendampingan teknis pengolahan dan sarana kepada petani.

PTPN X juga dapat merekomendasikan penjualan hasil panen kepada buyer potensial lainnya.

Potensi penyaluran KUR kepada para petani cukup besar.

Antara lain PG Gempol Kerep sebesar Rp 35 miliar dan PG Tjoekir Rp 30 miliar.

“Pemberian KUR kepada petani tebu sesuai dengan program prioritas pemerintah, yaitu fokus pada pertanian serta kelautan dan kemaritiman,” tandas Slamet.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help