Surya/

Lapor Cak

Warga Bertanya: Kok hingga kini Tidak Ada Pemutihan BBN

Hadi menduga bahwa jika tidak ada pemutihan bisa jadi karena Gubernur Jatim Soekarwo tahun depan masa jabatannya sudah berakhir.

Warga Bertanya: Kok hingga kini Tidak Ada Pemutihan BBN
Surabaya.tribunnews.com/Ahmad Zaimul Haq
Antrean panjang membayar pajak kendaraan bermotor. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga di Surabaya mempertanyakan hingga saat ini belum ada pengumuman pemutihan dan biaya balik nama (BBN) gratis. Padahal setiap September di tahun-tahun sebelumnya sudah dimulai pemutihan.

"Kok hingga saat ini tidak ada pengumuman pemutihan dan biaya balik nama. Jangan-jangan memang tidak ada pemutihan dan BBN," ucap Hadi Purnomo, warga Tegalsari.

Hadi sudah dua tahun memberi mobil Avanza second. Dia sengaja menantikan BBN untuk membaliknamakan mobil atas nama dirinya sendiri.

Tahun lalu sebenarnya ada pemutihan sekaligus BBN semua jenis kendaraan. Termasuk BBN mobil pribadi atau plat hitam. Namun Hadi tahun lalu belum sempat karena tidak ada waktu.

Hadi menduga bahwa jika tidak ada pemutihan bisa jadi karena Gubernur Jatim Soekarwo tahun depan masa jabatannya sudah berakhir.

"Seharusnya malah memberi kesan baik dengan menggratiskan BBN dan pemutihan di akhir jabatan," kata Hadi.

Hampir setiap tahun, Pemprov Jatim di bawah Gubernur Jatim Soekarwo memberikan layanan pemutihan dan biaya balik nama.

Namun khusus balik nama gratis itu biasanya hanya untuk sepeda motor dan kendaraan plat kuning.

Baru 2016 kemarin, layanan balik nama gratis untuk semua jenis kendaraan. Baik roda dua, roda empat, dan lebih berhak atas balik nama gratis ini termasuk plat hitam.

Sebagai gambara 2016 lalu Pemutihan denda pajak dan biaya balik nama gratis dibuka sejak 5 September 2016 hingga 3 Desember 2016.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help