Surya/

Lapor Cak

Petugas Sudah Sering Razia, Masih Banyak Parkir Liar di Pedestrian

Meski Dishub Surabaya rutin merazia kendaraan parkir di trotoar atau pedestrian, faktanya masih banyak pelanggar. Begini keluhan warga...

Petugas Sudah Sering Razia, Masih Banyak Parkir Liar di Pedestrian
surabaya.tribunnews.com/fatkhul alami
Sejumlah mobil terlihat diparkir di pedestrian di kawasan Tegalsari, Surabaya. 

SURYA.co.id |SURABAYA - Meski Pemkot Surabaya melalui Dinas Perhubungan rutin melakukan razia dan tindakan terhadap kendaraan yang parkir di atas trotoar atau pedestian, tapi masih banyak dijumpai mobil dan motor yang parkir di atas trotoar di Kota Pahlwan.

Kendaraan parkir di tepat yang seharusnya diperuntukkan bagi pejalan kaki, bisa ditemukan di Jl Tegalsari, depan toko buah di Jl Jenderal PB Sudirman. Di lokasi itu, setiap hari ada pemandangan mobil atau motor yang dengan enaknya parkir di atas trotoar.

Keberadaan parkir 'ngawur' itu sangat menganggu pengguna jalan kaki. Warga pejalan kaki terpaksa harus turun dari trotoar yang tertutup kendaraan yang terpakir.

Zainal, salah satu warga Tegalsari Surabaya mengaku, cukup terganggu dengan banyaknya mobil yang parkir di atas trotoar. Padahal jalan Tegalsari itu tidak begitu lebar, tapi pendestriannya dipakai untuk parkir kendaraan.

"Setiap hari pasti ada saja kendsaraan yang parkir. Mobil banyak juga, demikian motor juga parkir di depan sebuah toko dan memenuhi trotoar," kata Zainal, bebera hari lalu.

(Baca: Tindak Parkir Liar, Dishub Siapkan Petugas Khusus)

Menurut Zainal yang sehari-hari kerja di perusahaan swasta ini, pengendara seharusnya sadar dan tidak memarkir kendaraannya di atas trotoar. Karena tindakan tersebut mengganggu pengguna jalan lainnya yang melintas lokasi tersebut.

"Carilah tempat yang bukan di atas trotoar. Pengendara sepertinya cari enaknya saja saat parkir kendaraan," ucap Zainal.

Parkir di atas trotiar di Jl Tegalsari, lanjut Zainal, sepertinya belum pernah dilakukan tindakan atau razia dari Pemkot Surabaya. Selama ini banyak mobil dan motor yang parkir di atas trotoar dan tidak ada tindakan.

Keluhan juga dilontarkan Yuwono. Dia meminta Pemkot Surabaya lebih giat dan sering melakukan patroli dan tindakan terhadapa kendaraan yang parkir di atas trotoar.

"Memang patroli dan tindakan sudah dilakukan petugas, mungkin lebih ditingkatkan lagi. Sehingga kendaraan yang melanggar tdiak mengulangi perbuatanya," tutur Yuwono.

Dia mengusulkan, sanki yang diberikan kepada pelanggar harus tegas dan memberi efek jera. Sehingga tidak akan melakukan pelangaran lagi.

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help