Surya/

Citizen Reporter

10 Langkah Memandirikan Anak sedari Dini

memiliki anak-anak yang bisa mandiri sedari dini tentu berkah.. tapi, bagaimana caranya? berikut 10 langkah mengajari anak mandiri ...

10 Langkah Memandirikan Anak sedari Dini
mulyanto/citizen reporter
Ust Dr Imam Syaukani MA 

Reportase Mulyanto
Staf SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya

 

BUKU penghubung dari sekolah tujuannya agar orangtua ikut merawat ibadah anak di rumah karena orangtua juga harus proaktif soal surga anak. Demikian disampaikan Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang (Mudipat) Surabaya, Ust Edy Susanto MPd pada iftitah Pengajian Rutin Ikatan Walimurid Mudipat di Aula TMB, Rabu (20/9/2017).

Mengusung tema Kemandirian Anak dalam Beribadah dan Beramal Shalih, Ustad Dr Imam Syaukani MA (51), mubaligh Surabaya, mengajak para orangtua agar mampu menjadi teladan di rumah,  ahli menjadi penegak salat di rumah.

“Bisa istri bergaul amat baik dengan suami, bisa keluarga bersosial baik dengan orang sekampung, tapi bila meninggalkan salat hidupnya sia-sia belaka,” tegasnya.

Pria asli Lamongan itu mengajak orangtua seyogianya menggiring anak dalam benyak kebaikan. Dia mencontohkan, kalau ada pengamen atau pengemis, ajaklah anak memberi.

“Jangan bilang ada pengamen ada pengemis. Katakan, nak ada tamu, tolong berbagilah sebagian dari rizki kita. Itu untuk membiasakan anak sehingga bisa mandiri dalam kemuliaan,” ujarnya.

 Doktor alumnus Universitas Muhammadiyah Malang itu mengajak untuk memasang mindset, bahwa uang yang dikeluarkan harus bernilai ibadah.

"Jangan mudarat, sebab jika tulus ikhlas berinfaq, Allah akan mengganti. Itu sudah janji Allah,” katanya.

Kemudian, teladankan untuk selalu menyebut nama Allah di rumah. Hendak masuk rumah berdoa, hendak makan, hendak tidur, dan sebagainya berdoa, maka setan akan kalang kabut.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help