Surya/

Citizen Reporter

Wisata Edukasi Cara Menyenangkan Mengenalkan Literasi kepada Anak-anak

banyak cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan literasi kepada anak-anak sedari dini, ini salah satunya ...

Wisata Edukasi Cara Menyenangkan Mengenalkan Literasi kepada Anak-anak
istimewa
ilustrasi 

Reportase Nur Hayati
Petugas TBM Kelurahan Ngagelrejo/Anggota FLP Surabaya

 

SABTU (23/9/2017) siang itu cuaca cukup panas. Tampak ibu-ibu sedang membeli rujak cingur sembari berbincang. Sedangkan para bapak asyik ngobrol di bawah pohon asem rindang di pintu masuk makam RW 3 Ngagel, Surabaya.

Suara riuh tepuk tangan anak-anak diselingi gelak tawa memecah siang. Dari pintu masuk balai RW yang difungsikan sebagai taman baca masyarakat RW 3 Ngagel, tampak panggung boneka yang menarik perhatian anak-anak.

Saat itu sedang berlangsung acara wisata edukasi lewat media Panggung Boneka dengan lakon Kodi yang Sombong. Meski anak-anak ini telah akrab dengan gadget, tapi dongeng dalam panggung boneka tetap memikat mereka.

Dengan antusias anak-anak menyimak cerita panggung boneka karena nantinya mereka harus menuliskan kembali cerita yang mereka dengar dan lihat.

Diikuti 35 anak-anak usia TK sampai kelas 6 SD, usai mendengarkan cerita, anak-anak kelas TK sampai kelas 2 SD menerima gambar untuk mengikuti lomba mewarnai. Sedangkan anak-anak kelas 3 ke atas menuliskan kembali cerita boneka tadi.

Sebelum panggung boneka dimulai, mereka diajak bersenang-senang dengan ice breaking tarian anak ayam sambil berkenalan dengan para petugas TBM wilayah Ngagel dan Ngagelrejo.

Ya, kegiatan yang digagas petugas TBM se-wilayah Ngagel dan Ngagelrejo itu diharapkan mampu menarik minat warga terhadap literasi. Terbukti bukan hanya anak-anak yang antusias mengikuti tapi juga para orangtua juga ingin tahu.

Warga senang dengan kegiatan ini karena anak-anak jadi termotivasi membaca dan menulis. TBM RW 3 Ngagel yang berdampingan dengan makam dan berada di ujung gang tidak menyurutkan niat warga, utamanya anak-anak memanfatkan TBM.

Apalagi saat tidak ada kegiatan mereka biasa datang untuk mengikuti bimbingan belajar gratis dan meminjam buku gratis.

”Seneng Mbak nek rame onok kegiatan positif. Anakku gak keluyuran, balai RW yo gak singup soale jejer kuburan,” celetuk seorang warga usai mengintip acara wisata edukasi.

Wisata edukasi di akhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang dan snack untuk semua peserta.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help