Surya/

Sambang Kampung

Warga Penjaringan Sari Patungan Untuk Rawat Taman Herbal

Bagi warga RW 5 Penjaringan Sari, Surabaya, taman herbal mereka adalah barang berharga. Karenanya, mereka rela patungan untuk merawatnya.

Warga Penjaringan Sari Patungan Untuk Rawat Taman Herbal
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Warga merawat taman herbal di RW 5 Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA  – Taman Herbal yang dikelola warga RT 5 Kelurahan Penjaringan Sari, Surabaya, rupanya sudah sangat dikenal banyak orang di sekitarnya.

Tak cuma di kenal, mereka juga kerap memanfaatkan tanaman yang tumbuh di sana. 

Kebermanfaatan ini tak lepas dari peranan RT dan RW yang berusaha melengkapi tanaman dan memberikan fasilitas pada taman.

Ismiarin (64), warga RT1/RW 5 Penjaringan sari mengungkapkan, setiap bulan digalang sumbangan sukarela atau jimpitan dari warga RT nya.

Uang tersebut digunakan untuk pengelolaan taman. Selain itu dirinya juga meminta warga menyumbang tanaman di area rumahnya untuk dikembangbiakkan di taman kampung.

“Ini juga dibantu RW untuk pemasangan paving, jadi saat hujan tidak becek jalannya,” ujarnya.

Meskipun dana pengelolaan swadaya dari tenaga masyarakat, yang merawat juga sukarela. Namun, warga sama sekali tidak keberatan jika ada yang meminta tumbuhan tersebuut untuk dikonsumsi pribadi oleh pihak luar.

(Baca: Bidan ini Jadi Sosok di Balik Hijaunya Kawasan Penjaringan Sari Surabaya)

Suci Rahayu (73), inisiator taman herbal mengungkapkan keinginannya untuk terus menata taman di sebelah rumahnya tersebut.

Menurutnya, jika bisa ditata dan dirawat dengan baik, maka tamannya bisa dijadikan wisata tanaman herbal bagi annak-anak atau mahasiswa.

“Kami tidak mengarah ke kepentingan komersil karena dasarnya menanam ini hobi. Kalau bisa malah nanti bisa jadi wisata edukasi,” ujarnya.

(Baca: Taman Herbal RW 5 Penjaringan Sari Surabaya Jadi Tempat Kongkow Pensiunan di Kampung)

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help