Surya/

Sambang Kampung

Taman Herbal RW 5 Penjaringan Sari Surabaya Jadi Tempat 'Kongkow' Pensiunan di Kampung

Bagi warga pensiunan di RW 5 kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya, taman herbal ini jadi tempat kongkow.

Taman Herbal RW 5 Penjaringan Sari Surabaya Jadi Tempat 'Kongkow' Pensiunan di Kampung
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Taman herbal di RW 5 Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya, jadi tempat refreshing para pensiunan yang tinggal di sana. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Udara yang segar dan angin yang sejuk, terasa menenangkan siapapun di kawasan RW 5, Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Sejumlah lahan koson milik developer perumahan Puri Indah itu memang terlihat ditumbuhi ilalang. Hanya saja saat berada di sebidang tanah yang berseberangan dengan rumah nomor B 26, terlihat taman rindang dengan berbagai jenis tanaman, baik yang ditanam di pot maupun di tanah langsung.

Pada pintu masuk taman tersebut bahkan terpanpang papan penanda Taman Herbal Bejo.

Ismiarin (64), warga RT1 RW 5 Penjaringan sari mengungkapkan kampungnya belum lama ini mengikuti lomba yang diadakan Harian Surya bersama Bintang Toedjoe. Taman yang baru pertama kali diikutkan lomba itu bahkan mendapat peringkat 6 sebagai juara harapan 3.

“Taman ini awalnya memang untuk hobi salah satu warga, kemudian ditularkan ke warga lain. Sampai banyak yang minta tanaman ke sini dan kami diminta lurah ikut lomba,” ujarnya.

Baca: Bidan ini Jadi Sosok di Balik Hijaunya Kawasan Penjaringan Sari Surabaya

Menurutnya, Suci Rahayu (73) telah lama mengajak warga kampung untuk ikut merawat dan memanfaatkan tanaman herbal di taman. Hanya saja baru 5 tahun terakhir mulai banyak warga yang datang untuk sekedar ikut menyiram tanaman.

“Saya baru 2 tahun terakhir ini ikut menanam dan menyiram disini saat sore atau pulang senam tiap minggu. Taman ini ajang refresingnya para pensiunan di sini,” ungkapnya.

Tanaman di taman yang dirawat pensiunan di kampung ini cukup beragam. Mulai dari pohon asam jawa, pohon salam, pohon mangga, pohon cincau dan sekitar 60-an tanaman herbal.

Setiap tanaman itu diberi label nama serta ditulis pula apa manfaatnya apabila dikonsumsi. 

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help