Surya/
Grahadi

Beranda Grahadi

Gus Ipul: Jatim Siapkan 850 Ribu Masker dan Titik Pengungsian antisipasi Letusan Gunung Agung

Gus Ipul: Tempat pengungsian juga telah siap jika sewaktu-waktu memang ada limpahan pengungsi.

Gus Ipul: Jatim Siapkan 850 Ribu Masker dan Titik Pengungsian antisipasi Letusan Gunung Agung
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Gus Ipul 

SURYA.co.id - Jawa Timur siap untuk membantu pengungsi Gunung Agung dan meminta masyarakat yang ada di sekitar perbatasan dengan Bali yakni Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya tetap tenang dan menyiapkan diri mengantisipasi apapun yang terjadi.

Untuk mengantisipasi dampat jika Gunung yang berada di Karangasem Bali itu meletus, BPBD Jawa Timur juga telah menggelar rapat koordinasi melibatkan seluruh stakeholder mulai TNI, Polri, PMI serta 11 kabupaten/kota dari Banyuwangi hingga Pasuruan.

"Jatim sudah siap turut membantu, kami juga sudah menyiapkan 850 ribu masker," kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Sabtu (30/9/2017).

Menurut dia, tempat pengungsian juga telah siap jika sewaktu-waktu memang ada limpahan pengungsi. Beberapa lokasi yang akan dijadikan pengungsian terdiri dari wilayah Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Lumajang.

Sementara untuk mengantisipasi dampak letusan, pemerintah provinsi Jawa Timur juga telah menyiapkan masker yang terdistribusi mulai dari Banyuwangi hingga ke Pasuruan termasuk juga sampai ke daerah Malang.

Kewaspadaan ancaman debu Gunung Agung dilakukan hingga ke Pasuruan karena menurut catatan sejarah ketika Gunung Agung meletus pada tahun 1963, dampak abu letusan sampai ke wilayah Madura.

Selain itu, dari catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan jika sejak tanggal 27 September 2017, arah angin selalu berhembus ke barat sehingga letusan Gunung Agung kemungkinan akan berdampak hingga ke Jawa Timur.

Gus Ipul mengatakan, hasil rapat koordinasi yang digelar pada Rabu (27/9/2017) menghasilkan beberapa kesepakatan. Diantaranya Polda Jawa Timur akan menyiapkan anggota di wilayah terdepan yakni di Banyuwangi, Situbondo, Bondoroso, Lumajang dan Jember.

Sementara BMKG akan selalu menginformasikan update hembusan angin dan kecepatan angin khususnya yang mengarah ke barat atau ke Jawa Timur. Begitu juga pihak Angkasa Pura juga telah menetapkan beberapa bandara transit jika Bandara Ngurah Rai ditutup akibat dampak letusan.

"Kami juga sudah memetakan ketersediaan masker di beberapa BPBD kabupaten/kota," ujarnya. Untuk masker ini diketahui BPBD Banyuwangi saat ini masih memiliki 43 ribu; kemudian Jember 30 ribu; Situbondo 150 masker; Kabupaten Probolinggo 5522 masker; Kota Probolinggo 4000; Lumajang 5000; dan Kota Pasuruan 50 masker.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help