Surya/

Press Release

Wartawan PWI Jatim yang Kompeten Harus Berintegritas

Wartawan yang kompeten harus benar-benar berintegritas. Ini harus diterapkan dan diejawantahkan saat menjalankan tugas jurnalistik.

Wartawan PWI Jatim yang Kompeten Harus Berintegritas
surabaya.tribunnews.com/tri mulyono
Ketua PWI Jatim, Achmad Munir, saat bicara dalam uji kompetensi wartawan yang diselenggarakan PWI Jatim di Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wartawan yang kompeten harus benar-benar berintegritas. Ini harus diterapkan dan diejawantahkan saat menjalankan tugas jurnalistik untuk menjaga marwah profesi mulia yang dijalani.

Demikian ditegaskan Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir, saat penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-21, Jumat (29/9/2017) sore, di Gedung PWI Jatim, Jalan Taman Apsari, Surabaya.

UKW tersebut terlaksana berkat kerjasama antara PWI Jatim dengan Bank Mayapada, yang memberikan dukungan penuh.

Menurut Munir, dalam program UKW Angkatan ke-21 yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 28-29 September 2017, dari 54 orang peserta, setelah dilakukan uji kompetensi selama dua hari oleh tim penguji, sebanyak 49 orang wartawan dinyatakan kompeten. Sementara lima dinyatakan tidak kompeten.

Dari lima yang tidak kompeten tersebut, satu berasal dari kelas madya dan empat dari kelas muda.

"Khusus kelas muda, satu mengundurkan diri karena ibunya sakit. Sedang tiga lainnya tidak kompeten," ujarnya.

Terhadap yang telah dinyatakan kompeten, Munir minta wartawan tersebut benar-benar dapat menjaga komitmen, mempertanggungjawabkan dan menjaga marwah sertifikasi yang telah disandangnya.

Caranya, dengan selalu memegang teguh tiga hal penting yang ada di Pakta Integritas yang telah ditandatangani oleh si wartawan di atas materai, sebelum ikut UKW.

"Pakta integritas bermaterai tersebut sudah mulai kita berlakukan sejak pelaksanaan UKW angkatan ke-17. Sementara untuk angkatan 11 sampai 16, saat mengambil kartu UKW dan sertifikat, mereka juga harus meneken pakta integritas tersebut," jelasnya.

Tiga komitmen yang ada di pakta integritas adalah, pertama menjadi anggota PWI dan senantiasa menjaga nama baik organisasi. Kedua, sanggup menjalankan tugas-tugas jurnalistik dengan memegang teguh dan patuh kepada Kode Etik Jurnalistik.

Halaman
123
Penulis: Tri Mulyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help