Pemkot Surabaya

Pemkot Siapkan Rp 12 Miliar, ternyata Pembebasan Lahan FR Barat Wonokromo masih terkendala ini,

“Mungkin masih butuh waktu yang sedikit lama. Kami juga masih menunggu agar berkas penetapan lokasinya segera keluar,” ucap Erna.

Pemkot Siapkan Rp 12 Miliar, ternyata Pembebasan Lahan FR Barat Wonokromo masih terkendala ini,
surya/rorry nurmawati
Kepala Dinas PUBMP Kota Surabaya, Erna Purnawati (kanan) memberikan penjelasan mengenai peta bidang terkait pembebasan lahan, Selasa (13/9/2016). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Pembebasan lahan Frontage Road (FR) sisi barat Wonokromo masih belum secepatnya terlaksana.

Penyebabnya Pemkot Surabayaa masih menunggu penetapan lokasi yang kini sedang di kaji Pemprov Jatim.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati, Jumat (29/9/2017).

Ia menyebutkan penetapan lokasi untuk perencanaan proyek frontage road sisi barat itu masih belum tuurun dari pemerintah provinsi.

“Mungkin masih butuh waktu yang sedikit lama. Kami juga masih menunggu agar berkas penetapan lokasinya segera keluar,” ucap Erna. Sebab tanpa penetapan lokasi itu maka proses pembebasan lahan juga masih belum bisa dilakukan.

Namun, Erna menyebutkan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2017, DPUBM sudah menganggarkan untuk alokasi anggaran untuk pembebasan rumah warga di lahan tersebut.

Sebagaimana diketahui untuk kelanjutan penyelesaian jalan frontage road sekmen Wonokromo itu masih membutuhkan sekitar 1,5 kilometer.

Rumah warga sepanjang sepuluh meter dari bibir jalan akan digunakan untuk jalur lambat frontage road.

Pemkot sudah melakukan pendataan mana yang lahan warga, lahan perusahaan daerah pasar surya, dan juga lahan PT KAI. Untuk lahan warga akan dibebaskan dengan dana APBD.

“Di APBD perubahan 2017 kita sudah cadangkan. Ada dana sebanyak Rp 12 miliar yang akan kita gunakan untuk pembebesan di titik Wonokromo,” ucap Erna.

Dana itu baru akan digunakan setelah penlok keluar dan appraisal mulai dilakukan. Sedangkan untuk lahan milik PD Pasar Surya, saat ini sudah dipindahkan. Stan-stan pasar juga sudah direloksi ke pasar tradisional yang tersebar di Surabaya.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUBMP Kota Surabaya Ganjar Siswo Pramono menambahkan desain kelanjutan frontage road sisi barat di sekmen Raya Wonokromo sudah rampung.

“Desain jembatannya sudah siap. Nanti jembatan itu akan jadi ikon baru yang meyemabut masuk ke dalam kota Surabaya. Dan juga ada air mancurnya lho,” ucap Ganjar. Desain itu sudah mendapatkan persetujuan dari wali kota dan siap akan direalisasikan.

Namun, Ganjar masih urung menunjukkan desainnya lantaran masih harus menunggu kejelasan proses pembebasan lahannya.

Sebab jembatan ini merupakan konektor antaran jalan frontage road sisi barat menuju kawasan Joyoboyo dan juga penghubung masuk ke kawasan Jalan Darmo.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help