Surya/
Grahadi

Press Release

HUT RRT ke-68, Pakde Karwo Ajak Pengusaha RRT Bela Masyarakat Kecil

Gubernur Jatim menyebut bahwa hubungan baik antara Indonesia dan Tiongkok harus memberi dampak positif bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil.

HUT RRT ke-68, Pakde Karwo Ajak Pengusaha RRT Bela Masyarakat Kecil
ist/humas pemprov jatim
Gubernur Jatim, Soekarwo, saat berbicara di peringatan HUT RRT ke-68 di Shangri-La Hotel, Surabaya, Kamis (28/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hubungan yang semakin baik antara Tiongkok dengan Indonesia harus memberi dampak positif bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat kecil yang seringkali kalah dalam pertarungan pasar.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo saat menghadiri perayaan HUT ke-68 Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Ballroom Shangri-La Hotel, Surabaya, Kamis (28/9/2017) malam.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengakui bahwa ekonomi dunia khususnya Tiongkok semakin membaik. Akan tetapi, jika sektor industri semakin efisien dan pelaku usaha yang kecil terpinggirkan pendapatan ekonomi masyarakat akan semakin menurun.

"Saya mengajak kepada pengusaha Tiongkok untuk menyisihkan sebagian keuntungan untuk membantu masyarakat khususnya pada industri dan ekonomi kecil," tegasnya.

Menurutnya, siklus antara produksi dan pasar harus berjalan seimbang. Jika tidak dilakukan, dikhawatirkan masyarakat yang kecil akan kalah dalam kompetisi pasar.

Jika itu yang terjadi, maka produk-produk Tiongkok tidak ada yang membeli akibat daya beli masyarakat rendah.

"Saya khawatir siklus ekonomi menuju kesana," ujarnya.

Dalam membela masyarakat kecil, perlu dilakukan langkah langkah konkrit seperti peningkatan hubungan kerjasama serta menanamkan investasi secara nyata.

"Kepada industri besar harus memberi kesempatan kepada industri kecil untuk dapat berkembang. Saya melihat pengusaha Tiongkok memberi kesempatan ke arah itu," tegasnya.

Di hadapan Konjen AS, Jepang, Australia dan seluruh pengusaha dari perwakilan negara sahabat di Jatim, Pakde Karwo mengajak untuk bergandengan tangan membantu industri kecil di Jatim.

Halaman
123
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help