Surya/

Sambang Kampung

VIDEO - Kampung Tenggumung Baru Selatan Bertekad Bebas Sampah

Sri Rahayu, ketua Kader Lingkungan menuturkan sedikit demi sedikit warga gemar mengumpulkan sampah. Mereka sadar sampah hasilkan uang.

SURYA.co.id | SURABAYA - Sampah, kini bukan masalah serius lagi bagi warga Tenggumung Baru Selatan, Surabaya, khususnya warga gang X.

Mereka sudah mulai sadar pentingnya mengolah sampah.

Sri Rahayu, ketua Kader Lingkungan menuturkan sedikit demi sedikit warga gemar mengumpulkan sampah. Mereka sadar sampah itu bisa menghasilkan uang.

"Setiap berapa Minggu sekali kami menjualnya. Uangnya bisa digunakan untuk kas RT atau kebutuhan lainnya," jelasnya, Rabu (27/9/2017).

Selain menjaga lingkungan, warga juga mulai membangun UMKM.

Sampai saat ini UMKM yang terus terlihat pertumbuhannya adalah produksi kue basah.

"Dulu ada pelatihan dari kecamatan, membuat kue basah. Lalu kami teruskan saat ini sudah ada 3 orang yang bergabung. Tetangga lain di sekitar membantu jika pesanan banyak, juga membantu memasarkan," jelasnya.

Kue basah itu kini dipasarkan di berbagai tempat di sekitar Indragiri, Surabaya. Mereka juga punya pelanggan tetap di daerah perumahan sekitar.

# Simak kelanjutan proses perubahan kampung Tenggumung Baru Selatan, di Harian Surya terbitan Kamis (28/9/2017) di halaman Sambang Kampung.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help