Surya/
Grahadi

Beranda Grahadi

Resmikan Rute Baru Surabaya-Sumenep, Gus Ipul: Ini Kesempatan Sumenep untuk Lebih Maju

"Masyarakat kalau menggunakan pesawat perintis takut karena terlalu kecil, padahal sebenarnya aman," ujar Gus Ipul.

Resmikan Rute Baru Surabaya-Sumenep, Gus Ipul: Ini Kesempatan Sumenep untuk Lebih Maju
foto:humas pemprov jatim
Gus Ipul meresmikan pembukaan rute baru Surabaya - Sumenep, Rabu (27/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meresmikan rute baru penerbangan Surabaya-Sumenep dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72-500/600.

Hadirnya pesawat jenis baru ini, nantinya akan menggantikan rute perintis yang selama ini melayani penerbangan Surabaya-Sumenep.

"Masyarakat kalau menggunakan pesawat perintis takut karena terlalu kecil, padahal sebenarnya aman. Tapi dengan pesawat jenis ATR 72-500 ini pesawatnya lebih besar tentunya masyarakat tidak akan takut lagi," kata Gus Ipul, usai mengantarkan penerbangan perdana dari Bandara Internasional Juanda, Rabu (27/9/2017) siang.

Gus Ipul berharap, dengan adanya pesawat ATR milik Wings Air ini, jumlah masyarakat maupun wisatawan yang Sumenep dengan menggunakan pesawat bisa semakin banyak.

"Ini kesempatan Sumenep menjadi lebih maju karena aksesnya semakin mudah dijangkau. Dulu ke Sumenep penuh perjuangan, saat ini aksesnya cukup 40 menit sudah tiba," ujarnya.

Selama ini, potensi wisata di Sumenep sangat menjanjikan, keunikan beberapa pulau serta banyaknya pantai indah yang dimiliki Sumenep diharapkan bisa lebih banyak lagi dinikmati wisatawan.

Gus Ipul mengatakan, penerbangan menjadi salah satu moda transportasi yang harus diperbanyak di Jawa Timur. Meski jumlah penduduknya masih kalah dengan Jawa Barat, namun luas wilayah dan jumlah kabupaten/kota di Jawa Timur adalah yang terbesar sehingga memerlukan konektivitas transportasi yang memadai.

Dia mencontohkan, keberadaan bandara di Banyuwangi saat ini juga mampu meningkatkan industri pariwisata di daerah itu. Begitu juga bandara di Jember yang kini juga terus bergeliat.

"Bandara di Malang jumlah penerbangannya juga terus meningkat. Saat ini kami sedang melobi pihak Lanud agar bisa melakukan penerbangan malam di Malang," ujarnya.

Selain itu, pemerintah provinsi Jawa Timur saat ini juga sedang mengkaji hadirnya bandara baru di Kediri.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help