Surya/

Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler

Pertamina melalui PKPU memberikan modal bergilir dan bantuan usaha kepada kelompok usaha masyarakat

Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler - pertamina-juanda_20170927_163706.jpg
ist
Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler
Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler - pertamina-juanda_20170927_163716.jpg
ist
Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler
Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler - pertamina-juanda_20170927_163938.jpg
ist
Pertamina Gandeng PKPU Berdayakan Masyarakat Desa Pepe Lewat KUMM Kerupuk Samiler

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebagai bentuk kepedulian perusahaan melalui program corporate social responsibility (CSR) di lingkungan sekitar operasional perusahaan PT Pertamina (Persero) melalui DPPU Juanda bekerjasama dengan PKPU melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan membentuk Kelompok Usaha Masyarakat Mandiri (KUMM) yang menghasilkan produk unggulan kerupuk samiler di Desa Pepe, Kabupaten Sidoarjo, Surabaya.

“Kerupuk samiler merupakan produk yang berpotensi dikembangkan karena kerupuk ini banyak diminati dan harganya terjangkau oleh masyarakat. Disisi lain permintaan dari produksi ini semakin hari bertambah. Namun keterbatasan modal dan peralatan membuat produksi kerupuk ini belum bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak,” ujar Operation Head DPPU Juanda Sutisna B.Tjarim saat membuka Program CSR KUMM Kerupuk Samiler di Desa Pepe, Selasa (26/9/2017).

Sutisna menjelaskan, dalam pembentukkan KUMM Kerupuk Samiler ini Pertamina melalui PKPU memberikan modal bergilir dan bantuan usaha kepada kelompok usaha masyarakat kerupuk samiler senilai Rp 50.000.000.

“Bantuan ini ditujukan untuk mengembangkan pemasaran kerupuk samiler melalui penciptaan kemasan yang eyecatching dan juga memiliki ijin usaha,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sutisna menambahkan, program bantuan ini juga merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk turut serta dalam pengentasan kemiskinan masyarakat khususnya di lingkungan sekitar operasional perusahaan, dimana Desa Pepe berada sekitar kurang lebih 1 km dari daerah operasional Pertamina DPPU Juanda.

“Melalui program ini kami ingin memandirikan masyarakat dengan mendorong keterlibatan partisipasi aktif masyarakat melalui program pemberdayaan kelompok usaha masyarakat mandiri serta . Mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan pendapatan anggota kelompok lewat peningkatan produksi dan pemasaran produk samiler,” tutur Sutisna.

Kepala PKPU cabang Jawa Timur Fatih Abdul Aziz menuturkan, dalam program ini nantinya, PKPU akan menjadi fasilitator program dengan melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat selama 1 tahun dengan monitoring dan evaluasi berkala. Pendampingan yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dan konsultasi pengembangan usaha.

“Kami berharap, setelah di 1 tahun ke depan KUMM Kerupuk Samiler ini dapat meningkatkan produksi dan pendapatannya sebesar 50% serta dapat memiliki kemasan baru produk kerupuk Samiler dan terbitnya ijin usaha PIRT dari dinas setempat, sehingga ke depan dapat semakin memandirikan serta mensejahterahkan masyarakat di Desa Pepe,” tutup Aziz.

Adapun selama tahun 2017 hingga bulan September ini Pertamina telah merealisasikan 19 program CSR di wilayah Jatimbalinus, beberapa diantaranya yakni program Pengembangan Wisata Mandalika, Program Peduli Lingkungan dan Hayati TBBM ISG, Bantuan CSR Pendidikan Anak Luar Biasa di Tabanan, Bantuan CSR Kendaraan Operasional ke BNN Provinsi Jatim, Bantuan ke 500 Petani Kopi Binaan PTPN, Program Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Kolok Bengkala, serta Program Pelepasliaran Jalak Bali dan 500 ekor Tukik.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help