Surya/
Grahadi

Beranda Grahadi

Pakde Karwo: Sport Science Pacu Prestasi Atlet

Pakde Karwo: Sport science ini penting dilakukan terlebih saat ini eranya pengetahuan dan teknologi, hampir semua bidang memanfaatkan hal ini

Pakde Karwo: Sport Science Pacu Prestasi Atlet
Ist/Humas Pemprov Jatim
Pakde Karwo saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 Tahun 2017 di GOR Futsal Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Rabu (27/9/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang olahraga atau sport science sangat penting dalam meningkatkan prestasi atlet. Di beberapa negara maju, sport science sudah dikembangkan sejak lama. Untuk itu, sport science harus terus dikembangkan di Indonesia.

Pesan tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo (Pakde Karwo) saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 Tahun 2017 di GOR Futsal Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Rabu (27/9/2017). 

Menurut Pakde Karwo, sport science ini penting dilakukan terlebih saat ini eranya pengetahuan dan teknologi. Hampir semua bidang memanfaatkan hal ini, seperti ekonomi, seni dan budaya. Dalam bidang olahraga, penerapan sport science bisa dilakukan sejak seseorang mulai lahir hingga berusia 8 tahun.

“Masa ini paling bagus dalam pembentukan kualitas otak, jadi gizinya harus baik, baru setelah itu dilakukan pembinaan,” terangnya.

Konsep sport scince ini tak hanya mempelajari fisik semata, tapi juga anatomi, fisiologi, biomekanika, statistik, nutrisi, psikologi, tes pengukuran, dan sejarah. Termasuk mengecek kualitas organ tubuh seorang atlet mulai jantung, paru-paru dan otot. Pemprov Jatim sendiri terus melakukan kerjasama termasuk dengan Australia Barat terkait hal tersebut.

“Siang ini kami akan MoU dengan Australia Barat di Grahadi,” kata Pakde Karwo.

Ditambahkannya, beberapa negara besar yang sering menjuarai ajang internasional seperti Olimpiade memiliki SDM yang baik. Hal ini karena mereka memperhatikan dua hal, yakni kesehatan dan pendidikan. Selain fisik yang bagus, seorang atlet juga harus memiliki kecerdasan. “Dua hal ini saling terkait,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Pakde Karwo mengapresiasi Unesa yang memiliki fokus disiplin di bidang olahraga dan sudah menerapkan sport science. Untuk itu, kerjasama antara Pemprov Jatim dan Unesa di bidang sport scince terus dilanjutkan.

“Ini harus dirujuk di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Nasionalisme Konkret

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help