Unesa Beri Gelar Doktor Honoris Causa Pertama Kali Pada Ketua Yayasan Al Hikmah

Unesa menaganugerahi gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Abdulkadir Baraja, Ketua Yayasan Pendidikan Al Hikmah Surabaya.

Unesa Beri Gelar Doktor Honoris Causa Pertama Kali Pada Ketua Yayasan Al Hikmah
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Abdulkadir Baraja (berdiri, ketiga dari kanan) bersama Rektor Unesa, Anies Baswedan dan Salahudin Wahid. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (26/9/2017) menaganugerahi gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Abdulkadir Baraja, Ketua Yayasan Pendidikan Al Hikmah, Surabaya.

Pemberian gelar kehormatan ini diberikan langsung oleh Rektor Unesa, Prof Dr. Warsono, di rektorat Unesa kampus Lidah, Surabaya.

Rektor Unesa, Prof.Warsono mengatakan penganugerahan ini melalui proses yang panjang, hampir dua tahun dari lima tahun perkenalan Unesa dengan Abdulkadir Baraja.

“Pak Abbdulkadir Baraja sempat ragu. Apa saya pantas? Kami anggap Pak Abdulkadir sangat pantas. Ini pemberian kami bukan karena Bapak Abdulkadir Baraja yang minta,” ujar Prof Warsono.

Prof Warsono menjelaskan Doktor (Dr) Honoris Causa ini memang berbeda dengan Doktor S3 produksi kampus. Proses S3 di kampus diuji oleh dosen namun kalau Doktor Honoris Causa diuji oleh masyarakat. Doktor Honoris Causa ini bulan dilihat dari yuridisnya tapi karena hasil kerja nyata.

“Doktor Honoris Causa bukan sengaja ingin menjadi doktor. Ini penilaian dari pengabdian di dunia pendidikan,” ungkapnya

Abdulkadir, lanjutnya, sudah memberikan karya besar dengan pemikiran yang cerdas di dunia pendidikan.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Salahudin Wahid atau Gus Sholah pun memberikan apresiasi atas anugerah Doktor Honoris Causa kepada Abdulkadir Baraja ini.

“Seharusnya ini terlambat ya. Tapi ini sesuatu yang tepat,” tandasnya.

Gus Sholah mengakui peran serta Abdulkadir Baraja dalam pengembangan pesantren Tebuireng sangat besar. Terutama dalam pelatihan dan pengembangan kemampuan guru. Peran Abdulkadir Baraja dalam konsorsium Pendidikan Islam juga sangat besar.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved