Surya/

Liputan Khusus

Bayi Adopsi Bisa Ditarik Lagi Jika Orangtua Asuh Tak Penuhi Sejumlah Syarat

Dalam dua tahun tarakhir, ada satu kasus penarikan bayi dari orang tua asuh karena beberapa pertimbangan.

Bayi Adopsi Bisa Ditarik Lagi Jika Orangtua Asuh Tak Penuhi Sejumlah Syarat
pixabay
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Selain memakan waktu panjang, proses adopsi di sebagian besar lembaga pengasuhan anak swasta biasanya membutuhkan biaya.

Namun, untuk pengadopsian anak di UPT PSAB Sidoarjo milik Dinsos Jatim, tak ada biaya yang harus ditanggung calon orang tua asuh (COTA).

Kepala Dinsos Jatim Sukesi menjelaskan, biaya adopsi anak di lembaga swasta tak seragam, tergantung seberapa lama bayi atau anak tersebut diasuh di lembaga itu.

“Kalau pemerintah, tidak bayar. Tapi prosedurnya resminya sama. Harus melalui Tim PIPA. Ini penting agar anak mendapatkan kasih sayang. Takutnya mereka disalahgunakan, dijual-belikan. Kan bahaya nanti,” ujar Kadinsos.

Prosedur yang panjang itu, menurut Sukesi, penting untuk menyaring COTA.

Dengan prosedur itu, hanya COTA yang telaten dan sungguh-sungguh yang akan berkesempatan mengadopsi.

“Itu juga di atur oleh undang-undang,” imbuhnya.

Bayi yang sudah diadopsi orang tua asuh pun tak menutup kemungkinan untuk ditarik kembali apabila beberapa syarat tak terpenuhi.

Sejak sekitar dua tahun Kesi, panggilan akrab Sukesi, bertugas di Dinas Sosial, setidaknya ada satu kasus penarikan bayi dari orang tua asuh karena beberapa pertimbangan.

Menurut Kesi, sebelum itu beberapa kejadian kerap terjadi. Ia mengklaim, Dinsos rutin mengecek kondisi bayi secara periodik selama tiga tahun sejak pengadopsian dilakukan.

Halaman
12
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help