Surya/

Sambang Kampung

Kerja Ekstra demi Lingkungan, Warga RW 2 Medokan Semampir Aktif Ikut Lomba

Kendati tidak memiliki potensi wisata unggulan, berkat semangat dan kerja keras warganya, wilayah ini dikenal sebagai kampung wisata lingkungan.

Kerja Ekstra demi Lingkungan, Warga RW 2 Medokan Semampir Aktif Ikut Lomba
surya/achmad zaimul haq
KREATIF - Beberapa kader Mesokan Semampir terlihat bersiap menyambut tamu kelurahan, pengalaman menyajikan yel-yel membuat para kader ini menyiapkan tarian sambutan untuk para tamu. Keunggulan ini juga menjadi daya yarik Medokam Semampir untuk menjadi bagian daribpenilaian kota Sehat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Berlokasi di daerah pinggiran, tidak memiliki lokasi wisata dan sebagian besar warganya bekerja sebagai karyawan. Gambaran inilah yang melekat di Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Kendati tidak memiliki potensi wisata unggulan, berkat semangat dan kerja keras warganya, wilayah ini dikenal sebagai kampung wisata lingkungan.

Ini terbukti dengan beragam prestasi yang pernah di sandang kampung ini, semisal predikat 'Best of the Best Merdeka dari Sampah pada 2013', kampung pemilahan sampah dan kampung sanitasi terbaik, pahlawan lingkungan dan banyak lainnya.

Bukti nyata inilah yang menjadikan kampung ini sering jadi rujukan kunjungan tamu dari Pemkot Surabaya maupun dari dinas-dinas.

Rina (31), kader Kelurahan Medokan Semampir memgungkapkan, banyak event yang diikuti RW 2.

Meski tidak semua tergerak menjaga kebersihan, beberapa warga memiliki sikap sosial tinggi, sehingga mampu mengurus lingkungan warga lainnya.

“Kami ada kader di tiap RT, kadang saling mengingatkan dan memacu agar ikut menjaga kebersihan dengan cara ikut lomba,” ungkapnya.

Mau tidak mau, sebagian warga harus bekerja ekstra. Misal dalam penghijauan, ada warga tidak peduli dan membuat lahan rumahnya gersang maka secara swadaya warga kampung menyumbang tanaman untuk menghiasi rumah warga lainnya.

“Dengan ada lomba ini, warga semakin kuat gotong royongnya. Tak hanya itu, mereka semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” terang Rina.

Kali ini, Medokan Semampir bahkan jadi tuan rumah untuk penilaian Kota Sehat di Kecamatan Sukolilo.

Mulai produk UKM hingga para kadernya ikut serta menyambut rombongan tamu dari pemerintah pusat.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help