Surya/

Sambang Kampung

Warga Kampung Tanah Merah Andalkan Koperasi untuk Solusi Keuangan`

Di kampung Tanah Merah Surabaya, gotong royong tak cuma diwujudkan lewat kerja bakti. Tetapi juga lewat pembentukan koperasi untuk solusi keuangan.

Warga Kampung Tanah Merah Andalkan Koperasi untuk Solusi Keuangan`
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Kampung RT 11 RW 4 Tanah Merah Kelurahan Tanah Kali Kedinding tampak hijau lantaran penuh ditanami dengan aneka tumbuhan. Warga memiliki komitmen untuk membuat kampung menjadi hijau dan asri dengan program penghijauan dengan tanaman produktif dan tanaman hias. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga RT 11/RW 4 Tanah Merah, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Surabaya, memiliki cara yang cukup ampuh dalam mempertahankan keguyuban antar warga.

Bagi mereka, menggalakkan gotong royong tak hanya dilakukan dalam membangun penghijauan kampung. Melainkan juga dalam hal keuangan.

Buktinya, sudah beberapa tahun terakhir kampung di RT 11 memiliki koperasi simpan pinjam yang menjadi solusi jika ada permasalahan keuangan antar warga.

Koperasi ini didirikan atas inisiasi warga bersama. Mereka ingin agar ada suatu wadah yang khusus mewadahi masalah simpan dan pinjam.

"Atas inisiasi warga, kami membuat koperasi di kampung. Tempat orang menitipkan uang dan menjadi jujukan bagi warga yang butuh uang," ucap Sekretaris PKK RT 11, Muria Ningsih.

Setelah konsultasi dengan pengurus RT dan ada kesepakatan akhirnya koperasi mulai dibentuk.

Wanita ini menyebutkan, mulanya setiap warga di RT menanamkan modal. Tidak banyak, cukup Rp 25000. Setiap minggu ada pertemuan rutin sebagai waktu tetap untuk menabung.

"Terserah mau menabung berapa. Kan suka rela dan sesuai kemampuan dan keinginan mereka," imbuh Muria. Ia menyebutkan sejauh ini memang yang terbentuk baru koperasi simpan pinjam. Belum ada koperasi usaha dagang seperti toko.

(Baca: Warga Tanah Merah, Hijaukan Kampung dengan Tanaman Produktif)

Bagi warga yang membutuhkan uang, bisa pinjam lewat koperasi simpan pinjam RT 11 ini. Bunganya tidak tinggi, cukup sepuluh persen saja dari uang pinjaman ke koperasi. Dengan batas pengembalian antara tiga hingga lima bulan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help