Surya/

Press Release

Alfamart Gandeng Komunitas UMKM Berdayakan Ibu-ibu PKK, Tujuannya?

Puluhan warga mengikuti pelatihan membuat kalung, gelang, bros dari bahan kain perca batik untuk aksesori wanita yang diadakan Alfamart

Alfamart Gandeng Komunitas UMKM Berdayakan Ibu-ibu PKK, Tujuannya?
ist
Alfamart Gandeng Komunitas UMKM Berdayakan Ibu-ibu PKK 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Puluhan warga Desa Ganting, Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti pelatihan membuat kalung, gelang, bros dari bahan kain perca batik untuk aksesori wanita yang diadakan Alfamart bekerja sama dengan komunitas UMKM Excellent Preneur Indonesia (EPI), di Balai Desa Ganting, Senin (18/9/2017).

Ketua EPI, Dhany, mengatakan, pelatihan ini sebagai salah satu upaya memberdayakan masyarakat yang ada di Sidoarjo ini. "Pelatihan ini tidak hanya mengajak ibu-ibu berkreasi dengan kain perca tetapi juga membekali mereka untuk mandiri secara finansial," ujarnya di sela kegiatan.

Ia mengemukakan, potongan kain bekas yang tidak bisa menyerap air seperti bahan satin atau batik biasanya dibuang. "Ini bisa digunting bulat-bulat dan dijahit menjadi bentuk kelopak bunga, kemudian disusun dan direkatkan dengan lem dan tambahan aksesori lainnya. Jadilah kalung cantik siap jual," sambung Dewi Safitri, instruktur EPI lainnya.

Ketrampilan ini bisa dipelajari dan bisa menjadikan ibu-ibu mandiri, sebab barangnya layak jual atau memiliki nilai ekonomi.

"Bahan yang diperlukan untuk pembuatan kalung maupun gelang ini sangat sederhana yakni kain perca, tali, manik-manik, pita, lem tembak, hingga hiasan lainnya dan kain bekas motif beda atau renda bekas," imbuhnya.

Komunitas EPI merupakan sekumpulan pelaku UMKM yang bergerak di beberapa bidang, mulai aksesori, sepatu, makanan, minuman, produk perlengkapan rumah tangga, dll.

"Kami juga membantu para ibu-ibu ini supaya bisa memasarkan barang hasil kreasi mereka melalui akun media sosial yang dimilikinya. Sehingga, barang-barang kerajinan yang sudah dibuat ini memiliki nilai ekonomi," ucapnya.

Isnaini, salah satu peserta mengaku kegiatan semacam ini sangat bermanfaat. "Tak hanya nambah ilmu tapi bisa nambah penghasilan. Terima kasih Alfamart, ibu-ibu rumah tangga jadi bisa berkarya," aku warga RT 4 RW 2 ini.

Sementara itu, Corporate Communication Alfamart, Ame Dwi Pramesti mengatakan, pelatihan kewirausahaan ini akan berlangsung rutin minima sebulan sekali.

"Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat supaya menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart SME's atau 'Small Medium Enterprises'," katanya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya juga menggandeng beberapa komunitas untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan melalui wadah ibu-ibu PKK melalui kegiatan serupa di beberapa kelurahan. (*)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help