Surya/

Paul Grigson, Dubes Australia yang Cinta Mati Kopi Indonesia

Paul Grigson, Dubes Australia untuk Indonesia merasa beruntung karena dipercaya menjadi pejabat diplomatik di Indonesia. Kopi, salah satu alasannya..

Paul Grigson, Dubes Australia yang Cinta Mati Kopi Indonesia
surabaya.tribunnews.com/eben haezer
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson (tengah), bersama Konsul Jenderal Australia di Surabaya, Chris Barnes (kanan), saat berdiskusi soal kopi dengan pemilik kafe Threelogy, Clement Oetomo (paling kiri), di Surabaya, Kamis (14/9/2017). 

Paul Grigson, Duta Besar Australia untuk Indonesia merasa beruntung karena dipercaya menjadi pejabat diplomatik di Indonesia. Salah satu hal yang membuatnya merasa sangat beruntung adalah karena Indonesia adalah surga kopi. Di sinilah, dia bisa menikmati berbagai jenis kopi dengan ragam rasanya yang eksotis.

SURYA.co.id | SURABAYA – Paul Grigson tak tahan untuk memasuki area bar tempat meracik kopi di kafe Threelogy Coffee di Jl Mojopahit, Surabaya, Kamis (14/9/2017) sore.

Sebelum pamit meninggalkan kafe tersebut, dia mendatangi seorang anak muda bercelemek. Pemuda bernama Clement Oetomo itu adalah sang pemilik kafe.

“Bolehkah saya masuk ke dalam (ruang penyajian kopi) dan melihat-lihat?” Tanya Grigson kepada pemuda tersebut.

Ditanyai demikian, Clement sama sekali tak keberatan. Dia justru kelihatan bangga. Apalagi orang yang berdiri di hadapannya saat itu adalah Duta Besar dari Australia untuk Indonesia.

Di dalam bar, Grigson dan Clement mulai berdiskusi soal kopi. Grigson tampak antusias bercerita soal hobinya meracik, menyeduh, dan menikmati sajian kopi. Penguasaannya seputar minuman itu memang boleh dibilang sangat luas.

Belakangan, terungkap dari Clement, bahwa saat berdiskusi itu Grigson menyebut bahwa kebanyakan kopi yang disajikan di kafe-kafe di Indonesia, selalu ditambah dengan susu yang di-steam sebanyak dua kali.

“Menurut beliau (Grigson), hal itu berpengaruh terhadap rasa. Kalau di kami (Threelogy Coffee), itu memang tidak kami lakukan,” kata Clement belakangan.

Kepada Surya, Grigson mengakui bahwa dirinya adalah maniak kopi. Dalam sehari, dia bisa menenggak tiga hingga lima cangkir kopi.

Jenis-jenis kopi yang diminumnya pun berganti-ganti sesuai ketersediaan. Namun di kediamannya, Grigson memiliki setidaknya tiga jenis kopi.

Halaman
123
Penulis: Eben Haezer Panca
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help